Liverpool sekarang sudah mengantongi 34 pertandingan tanpa kalah di Premier League. Terakhir mereka mengalami kekalahan adalah ketika terpaksa tunduk 2-1 dari Manchester City pada awal tahun lalu. Pertandingan tersebut jadi satu-satunya kekalahan Liverpool di musim 2018/2019, namun yang paling berpengaruh karena pada akhirnya mereka finish di urutan 2 dengan beda hanya 1 poin dari Manchester City di klasemen akhir.

banner-ads

Rekor tak terkalahkan terpanjang di Premier League masih dipegang oleh Arsenal dengan 49 pertandingan tanpa kalah. Meski Liverpool semakin mendekat dengan rekor tersebut, mereka masih punya jalan yang sangat panjang kalau ingin memecahkan rekor tersebut di tingkat Eropa.

Berikut ini adalah beberapa tim dengan rekor tanpa kalah terpanjang di Eropa.

 

Celtic F.C - 62 Pertandingan

Rekor ini sebenarnya tercipta udah lebih dari 1 abad lalu. Pada musim 1915/1916 dan 1916/1917, Celtic juara dua musim berturut-turut dengan menjalani liga tak terkalahkan dalam 62 pertandingan. Sang pelatih saat itu Willie Maley juga jadi salah satu pelatih dengan masa jabatan terpanjang, yaitu 43 tahun.

Sheriff Tiraspol - 63 pertandingan

Baik Tiraspol maupun Liga Moldova adalah nama yang asing buat pecinta sepak bola dunia. Namun, tim tersebut punya catatan impresif. Pertama dibentuk pada tahun 1996, mereka memenangkan 19 gelar liga dari 23 tahun keikutsertaannya di Liga Moldova. Selain itu , performa mereka pada musim 2006/2007 cukup mengerikan untuk liga Moldova karena sejak musim dimulai hingga 63 pertandingan selanjutnya mereka tidak merasakan satupun kekalahan.

Lincoln Red Imps - 88 pertandingan

Gibraltar bukanlah negara yang besar dengan sepak bola. Namun olahraga tersebut berlangsung ramai di sana. Ada satu tim yang sangat disegani di Gibraltar, yaitu Lincoln Red Imps. Mereka menjuarai liga 14 kali beruntun sejak dari 2003 hingga 2016. Di antara musim-musim tersebut, mereka sempat mencatatkan 88 pertandingan tanpa kalah di liga.

Steaua Bucharest - 104 pertandingan

Yap, tim ini melalui lebih dari 100 pertandingan tanpa kekalahan. Hal tersebut terjadi di sekitar tahun 1980-an. Bahkan mereka jadi juara European Cup (sekarang Liga Champions) pada tahun 1986 dengan mengalahkan Barcelona di final lewat babak adu penalti. Mereka juga pengoleksi gelar Liga Romania terbanyak dengan 24 gelar. Terakhir kali mereka juara adalah pada musim 2014/2016.

So, Liverpool masih harus menempuh jalur panjang jika ingin jadi yang terbaik di Eropa dalam hal ini. Tapi sebelum ke tingkat Eropa, apakah menurut lo Liverpool bakal bisa melewati rekor Arsenal di Premier League?