Berlari, perpaduan antara ketahanan fisik dan kecepatan saat melakukannya adalah salah satu atribut fisik paling penting buat para pemain sepak bola. Beberapa pemain punya kelincahan luar biasa ketika menggocek bola tapi punya akselerasi yang kurang mantap. Ada yang punya kecepatan luar biasa tapi mudah jatuh karena body balance yang gak begitu mumpuni ketika melaju dalam kecepatan tinggi.

banner-ads

Beberapa pemain punya kombinasi yang seimbang di antara semua atribut fisik saat berlari. Contohnya adalah Cristiano Ronaldo, punya body balance yang stabil, akselerasi kencang, dan juga mampu berbelok dengan lincah. Ini bikin Cristiano cenderung lebih mudah buat menusuk pertahanan lawan dengan memanfaatkan tekniknya saat berlari.

Tapi pasti lo gak bakal menyangka siapa yang ada di posisi teratas sebagai pemain tercepat. Data yang bakal diperlihatkan di bawah dihimpun oleh seorang analis performa pemain dari EA Sport, Michael Mueller-Mohring. 

Buat lo yang suka main game sepak bola FIFA, nah pria inilah yang bertanggung jawab atas besaran overall skill para pemain yang lo mainkan dalam game.

Jadi siapa aja pemain tercepat di dunia saat ini?

Kingsley Coman & Ismaila Sarr
(94 poin)


Pensiunnya Arjen Robben dari sepak bola Jerman gak bikin Bayern cemas bakal kehilangan penyerang sayap yang lincah. Kingsley Coman, walaupun bukan pemain yang selalu jadi pilihan utama, bakal bisa diandalkan untuk menggocek pertahanan lawan dengan kecepatan tinggi.

Ismaila Sarr sendiri adalah salah satu orang yang ‘bertanggung jawab’ atas kekalahan Liverpool dengan skor 3-0 musim 2019/2020 lalu dan memutuskan harapan mereka mendapatkan gelar Liga Inggris dengan status tak terkalahkan. Kecepatannya dalam berlari bikin repot bahkan bek sekelas Virgil Van Dijk.

Achraf Hakimi & Daniel James
(95 poin)


Inter Milan sepertinya emang pengen upgrade skuad mereka jadi tim dengan serangan intensitas tinggi. Achraf Hakimi, pemain ngebut dari Borussia Dortmund bakal membantu Antonio Conte untuk mewujudkan hal tersebut.

Daniel James sendiri adalah contoh dari apa yang sebelumnya disebut sebagai pemain kencang, namun punya body balance yang gak begitu mumpuni. Manchester United emang beruntung punya pemain secepat James, sayangnya hal tersebut gak dibarengi dengan atribut lainnya dan membuat Daniel James masuk ke dalam jajaran dribbler terburuk di paruh pertama musim 2019/2020 lalu.

Alphonso Davies, Kylian Mbappe, Adama Traore
(96 poin)


Alphonso Davies dan Mbappe bikin pertandingan final Liga Champions musim lalu seperti sebuah balap liar. Keduanya adu cepat di sisi lapangan masing-masing dan terus berusaha ikut menembus pertahanan lawan demi meraih kemenangan. Meskipun PSG akhirnya kalah dari Bayern Munchen, Mbappe bisa dibilang kini punya saingan yang setara dalam hal nilai rata-rata kecepatan berlari.

Adama Traore sendiri adalah pemain yang mencuri perhatian banyak pengamat sepak bola musim lalu. Tubuhnya yang kekar namun punya akselerasi luar biasa dan body balance yang tangguh bikin pemain asal Spanyol ini seperti monster. Bahkan mungkin atribut fisik Traore bakal bikin dirinya cocok untuk bermain American Football yang lebih jauh lebih keras.

Berhubung Mueller-Mohring mendapatkan data kecepatan berlari ini dari dunia nyata, jadi rasanya sah-sah aja buat menilai skill para pemain di atas lewat statistik mereka di game FIFA. Angka yang lo lihat di atas adalah statistik mereka yang bakal muncul di game FIFA 21 nanti, Bro.

Kalau lagi main FIFA atau PES, siapa yang sering lo andalkan buat melakukan dribble?