Honda, Ducati, Yamaha dan Suzuki diperbolehkan melakukan maksimal 5 pergantian mesin selama musim ini. Sementara pabrikan konsesi KTM dan Aprilia diizinkan melakukan 7 pergantian mesin.banner-ads

Masalah katup di Jerez mengganggu Maverick Vinales, Franco Morbidelli dan Valentino Rossi. Mereka masing-masing kehilangan satu mesin Yamaha dari alokasi.

Pemimpin kejuaraan dunia saat ini Fabio Quartararo adalah satu-satunya pembalap Yamaha dengan satu mesin baru yang masih tersedia. Quartararo telah memakai hanya dua mesin selama tujuh putaran terakhir.

Rossi, setelah kehilangan satu mesin, juga tidak menggunakan mesin yang dipakai di Jerez. Sementara Vinales dan Morbidelli hanya menggunakan mesin Jerez selama latihan di Austria.



Selain Vinales, Morbidelli dan Rossi, Johann Zarco dari Avintia Ducati adalah satu-satunya pembalap lain yang telah mencatat waktu lintasan dengan semua mesinnya sejauh musim ini.

Miguel Oliveira dari KTM telah menggunakan jumlah mesin terendah sejauh ini, ia hanya memakai tiga dari tujuh mesin tenaga selama delapan putaran.

Cal Crutchlow dari LCR Honda juga belum membuka mesin keempat, tetapi absen pada balapan Jerez dan dua putaran Misano karena cedera.

Jika para rider perlu menggunakan lebih dari jumlah mesin yang diizinkan untuk musim tersebut, mereka harus memulai balapan berikut dari jalur pit, dengan penalti lima detik. Hukuman itu diulangi untuk setiap mesin tambahan yang dibutuhkan.