Sepak bola, sebagai sebuah satu kesatuan utuh banyak banget yang terlibat untuk membuat olahraga ini terus berjalan. Mulai dari pemain dan pelatih yang berada di atas lapangan, hingga orang-orang yang ada di pinggir lapangan dan membantu seluruh proses itu agar tetap berjalan. France Football, sebuah media sepak bola asal Prancis pun membuat daftar para tokoh paling berpengaruh dalam dunia sepak bola, terutama sepak bola modern.

banner-ads

Kalau ngomongin soal siapa orang berpengaruh di sepak bola, tentu aja bakal banyak banget dak gak habis-habis Bro. Makanya nih gue rangkum jadi 3 orang teratas yang dianggap paling berpengaruh dalam sepak bola modern.

Gianni Infantino

Sebagai pemimpin di organisasi tertinggi badan otoritas sepak bola dunia, FIFA, Gianni Infantino tentu bakal masuk ke dalam daftar ini. Dirinya pertama menjabat pada tahun 2016 lalu setelah terpilih untuk menggantikan Sepp Blatter yang terganjal kasus korupsi. Pria keturunan Swiss-Italia tersebut adalah orang yang berhasil merombak seluruh struktur tertinggi yang ada di FIFA. Sedikit revolusi dilakukan olehnya membuat FIFA kini gak punya ruang sedikitpun sebagai celah untuk korupsi. Dirinya mengembangkan keuangan FIFA berlipat ganda sejak kepemimpinannya.

Tahun lalu juga dirinya kembali terpilih secara aklamasi untuk tetap jadi presiden FIFA. Gianni Infantino juga gak punya satupun saingan untuk memperebutkan posisi tersebut. Well, hampir 4 tahun kepemimpinannya Infantino dinilai berhasil merombak FIFA yang kini berjalan sebagaimana mestinya.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo, seorang pemain sepak bola yang jadi lambang kesuksesan karena kerja keras. Bukan cuma buat sepak bola, tapi juga buat atlet dari cabang olahraga lain dan bahkan untuk orang-orang umum. Sebelum jadi lambang kesuksesan, Cristiano Ronaldo banyak dipuji karena paras dan tentu permainan sepak bolanya yang di atas rata-rata. Bahkan banyak yang membandingkan dirinya dengan David Beckham dan menyebutnya sebagai “The second generation of Beckham-ism”.

Pengaruhnya ada bukan cuma di dunia sepak bola, Bro. Bahkan di dunia fashion hingga media sosial. Cristiano adalah orang dengan followers Instagram terbanyak di dunia mengalahkan puluhan nama selebritis papan atas. Tahun 2019 lalu, media sosialnya menghasilkan lebih banyak uang daripada penghasilannya di Juventus.

Nasser Al-Khelaifi

Bicara soal gurita bisnis dalam dunia sepak bola, lo gak bisa melepaskan taipan asal Qatar satu ini Bro. Nasser Al-Khelaifi mulai dikenal publik sepak bola ketika membeli klub PSG dan mengubahnya jadi salah satu pesaing kuat di level Eropa. Bahkan dirinya menjadikan PSG sebagai salah satu klub kaya yang berani jor-joran demi seorang pemain. Fanbase klub ini awalnya cuma punya 500.000 anggota, namun setelah dirinya bergabung hingga saat ini PSG punya 87 juta anggota fanbase.

Meski sempat punya julukan sebagai klub instan karena uang, kini investasi PSG mulai beralih ke pemain muda akademi daripada membeli pemain-pemain mahal seperti Neymar dan Mbappe untuk kesekian kalinya.

Bisnisnya? Nasser Al-Khelaifi adalah pemilik dari jejaring media BeIN Media dengan 55 juta subscribers di seluruh dunia. Dirinya juga adalah pemimpin di Qatar Sports Investments, organisasi yang bakal mengatur berlangsungnya Piala Dunia 2022 nanti. Dengan memiliki salah satu jejaring media terbesar ini pengaruh yang dimilikinya sangat luas. 

Nasser Al-Khelaifi pun tetap merendah dengan memuji Cristiano Ronaldo serta Gianni Infantino setelah dirinya dinobatkan sebagai yang nomor 1 dalam hal pengaruh di dunia sepak bola.

Karena gue cuma menampilkan 3 yang teratas, nih Bro berikut ini adalah urutan 4-10 orang paling berpengaruh di sepak bola versi France Football yang gak gue jelaskan secara rinci.

4. Jurgen Klopp (Manajer)
5. Jorge Mendes (Super agen)\
6. Andrea Agnelli (Presiden Juventus)
7. Lionel Messi (Barcelona)
8. Florentino Perez (Presiden Real Madrid)
9. Megan Rapinoe (Timnas wanita Amerika Serikat)
10. Swiss Justice

Gimana pendapat lo, Bro?