Sirkuit Barcelona bakal dimodifikasi. Turn 10 hingga 12, tikungan tertajam di sirkuit tersebut diubah demi keselamatan.banner-ads

Cornering yang mengakibatkan kecelakaan fatal Luis Salom pada 2016 itu diperlambat. Area Chicane akhirnya dibuang ditambahkan dengan memperluas bagian gravel.

Area pengereman juga diperpanjang saat melintasi putaran itu. Kemudian blackspot dimodifikasi padahal area itu banyak merusak aliran balapan. Lintasan MotoGP itu diubah lagi setelah sebelumnya dipakai balap Formula1.

Valentino Rossi bahkan mengatakan tikungan yang direvisi karena permintaan F1 itu lebih cocok untuk tempat parkir supermarket.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi karena Barcelona kembali ke tata letak normal untuk balap motor di dua tikungan terakhir tanpa chicane dan melakukan banyak pekerjaan untuk area run-off. Tapi mengapa kami masih memiliki Turn 10?" kata Rossi.



"Saya berjuang untuk mendapatkan tikungan Sirkuit Catalunya, jarak kiri jauh yang sangat bagus. Tapi untuk beberapa alasan kami menggunakan tikungan ini dan ini seperti tempat parkir mobil supermarket! Bagi saya ini bukan tikungan trek balap. Dan di sudut seperti ini, lebih mudah insiden semacam itu terjadi."

Tak cuma kecelakaan Luis Salom, Jorge Lorenzo juga memicu kecelakaan empat pembalap di tikungan itu pada 2019.

"Saya akan mengatakan jenis tikungan ini menciptakan banyak masalah di masa lalu, menciptakan banyak masalah hari ini dan akan melakukannya lagi di masa mendatang. Pendapat saya adalah bahwa desain sudut menciptakan tabrakan ini dan kami melihatnya berkali-kali," katanya.