Konstruksi Sirkuit Mandalika yang akan menjadi tuan rumah WorldSBK pada 2021 dan MotoGP pada 2022 sudah 80% selesai. Homologasi diharapkan pada akhir bulan.banner-ads

Hingga saat ini, progres Sirkuit Mandalika hampir rampung, dengan lapisan aspal kedua (AC-Binder) akan selesai pada minggu ini.

The Mandalika Grand Prix Association (MGPA), promotor telah memberikan update terbaru tentang konstruksi sirkuit lewat Instagram.

Baca Juga: Sirkuit Assen Surga Pembalap MotoGP



"Progres keseluruhan pekerjaan konstruksi di Sirkuit Mandalika telah mencapai 80,02% dengan progres pengaspalan jalan yang telah diaspal sekitar 7.860 meter dari total 8.120 meter,” tulis di unggahan itu.

“Selain pekerjaan ini, sejak 3 Juli 2021, pekerjaan aspal lapis kedua (AC-Binder) sudah dimulai untuk segmen pertama dan dilanjutkan untuk segmen-segmen berikutnya. Pekerjaan lapis kedua ini akan selesai pada pertengahan Juli 2021. Kemudian, pengerjaan lapisan terakhir (Stone Mastic Asphalt/SMA) pada tracklane akan diselesaikan sebelum Homologasi yang akan dilakukan pada akhir Juli hingga awal Agustus 2021.”



Selain proses pengaspalan, MGPA sudah mulai membangun race control room yang saat ini sudah mencapai 65% dan ditargetkan selesai akhir Juli.

“Pembangunan Race Control di Sirkuit Mandalika juga semakin cepat dan sejauh ini sudah mencapai 65% dan akan selesai akhir Juli nanti,” lanjut MGPA dalam postingan Instagram.

“Desain bangunan dua lantai ini terinspirasi dari desain atap Bale Lumbung, rumah adat di Desa Sasak Sade Lombok Tengah yang merupakan simbol kemakmuran bagi masyarakat Sasak dan juga sebagai simbol identitas masyarakat Sasak, Lombok Tengah.”

Setelah dihomologasi, Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,3 km dengan 17 tikungan. Sirkuit itu bakal debut di kejuaraan World Superbike 2021 sebagai babak final pada 13 dan 14 November.

Sementara itu, MotoGP Indonesia di Mandalika ditunda hingga awal tahun depan, kemungkinan setelah GP Qatar di Sirkuit Internasional Losail pada Maret atau April 2022.