Sirkuit Catalunya di Barcelona, Spanyol jadi salah satu race track favorit di dua balapan paling bergengsi di dunia. Baik F1 dan MotoGP sama-sama kebagian menjalani balapan di sirkuit ini sehingga mereka berbagi aspal yang sama.

Dari sekian banyak cerita yang terjadi di sirkuit ini, ada satu hal yang berkesan buat banyak pembalap. Bagian yang bikin terkesan itu adalah belokan ke-10 alias Turn 10.

Belokan ini bahkan dianggap berbahaya oleh Valentino Rossi yang merupakan seorang senior di dunia balap.

Belokan ini jadi berbahaya karena di ujungnya para pembalap harus langsung mengubah posisi supaya bisa belok dengan cepat di Turn 11. Untuk alasan itu belokan tersebut kini dimodifikasi.banner-ads


Belokan tersebut emang cocok untuk dilewati para pembalap F1, tapi untuk MotoGP belokan tersebut gak begitu cocok.

Perubahan yang dilakukan kini membuat belokan tersebut punya jalur yang lebih panjang sehingga para rider MotoGP bisa mempersiapkan diri untuk belokan selanjutnya.

Pol Espargaro yang menguji motor di lintasan tersebut pun berpendapat kini Turn 10 jauh lebih cocok untuk motor dibandingkan mobil.

Pol yang sedang menguji coba motor Honda RC213V pun gak kesulitan ketika harus menguasai motor tersebut di belokan yang baru selesai diperbarui belum lama ini.

FIA dan FIM selaku badan yang berwenang atas dua balapan tersebut bekerja sama untuk menyelesaikannya tepat waktu. Kini sirkuit Catalunya sudah siap digunakan kembali dengan keamanan yang sudah ditingkatkan untuk para rider.