Spoiler swingarm yang dijuluki dengan sendok memicu perselisihan antar produsen usai GP Qatar. Namun part tersebut masih tetap legal di bawah peraturan aerodinamika.
Efek aerodinamis itu kini akan jatuh di bawah aturan Aero Body, yang memungkinkan pabrikan hanya bisa melakukan pembaruan desain per musim.
Semua fairing yang ada di body motor seperti sayap juga akan tetap diperbolehkan untuk dipakai. Tapi ada batasan yanng jelas pada ukuran dan bentuknya.
"Kami percaya sekali kita memiliki basis yang baik dengan peraturan teknis, stabilitas dalam hal pengendalian biaya dan menutup kesenjangan teknis antara tim," kata Direktur Teknologi MotoGP Corrado Cecchinelli kepada Crash.net.
MotoGP melarang penggunaan sayap 'menonjol' dengan alasan keamanan pada awal 2018. Tetapi tetap memberi lampu hijau untuk perangkat sayap 'terintegrasi'.
Regulasi itu bergantung pada Direktur Teknis Danny Aldridge yang memiliki keputusan akhir tentang apa yang diperbolehkan. Dibantu oleh daftar pedoman yang terus berkembang dari Aldridge, ditambah penggunaan material.
"Pada dasarnya, kami memiliki masalah interpretasi batas peraturan dan jadi kami harus bertindak untuk mempersempit perbatasan ini," kata Cecchinelli.