Kalau lo mau ngomongin kejutan di Sepak Bola Eropa, mungkin lo harus pergi ke Italia untuk melihat hal tersebut. Liga Italia yang selama hampir satu dekade terakhir dikuasai oleh Juventus ini jadi tontonan yang menarik di musim 2019/2020. Banyak kejutan yang terjadi dari sana.banner-ads

Salah satunya adalah Atalanta, tim underdog yang memukau banyak orang dengan kiprahnya di Liga Champions. Dalam musim UCL perdana mereka, Atalanta berhasil menembus babak 16 besar walaupun awalnya diragukan karena hampir terlempar ke posisi 3 di fase grup. Namun nyatanya mereka lolos dan menghadapi Valencia di babak lanjutan tersebut.

Kerennya, Atalanta dengan materi pemain yang bisa dibilang kalah kualitas dengan tim top Eropa lainnya berhasil menjaringkan 4 gol ke gawang Valencia.
Sang tim kejutan pun musim ini terkenal karena sering membantai lawan yang mereka hadapi. Selain menang 4-1 lawan Valencia di musim perdana UCL mereka, akhir pekan lalu juga Atalanta baru aja membantai Lecce dengan skor 2-7 saat bermain tandang. Lalu mereka mengalahkan AC Milan dengan skor 5-0.

Kemenangan super telak melawan Lecce ini membawa Atalanta menyamai dua tim raksasa Italia, Juventus dan AC Milan.

Rekor AC Milan untuk mencetak 5 gol atau lebih dalam 5 pertandingan liga berhasil disamai oleh Atalanta pasca pertandingan melawan Lecce tersebut. Ironisnya, rekor tersebut menyertakan AC Milan sebagai salah satu korban mereka di dalamnya.

Selain itu, skor dengan angka 7 di Liga Italia sangat jarang terjadi. Baru ada beberapa tim yang berhasil melakukannya. Tim tersebut adalah Atalanta, Juventus, dan AC Milan.

Kini, mereka ada di posisi 4 klasemen sementara dan menatap optimis kesempatan untuk kembali berpartisipasi dalam ajang Liga Champions musim depan. Selisih gol Atalanta pun pepet-pepetan dengan selisih gol milik Lazio yang ada di puncak klasemen sementara. Atalanta kini punya selisih 36 gol dan Lazio punya selisih 37 gol.

Dengan kejutan-kejutan yang terjadi di Serie-A, Liga Italia yang sempat disebut sebagai ‘Liga aki-aki’ karena permainan yang lambat dan banyaknya pemain tua jadi kembali menarik buat disaksikan.

Menurut lo, bakal sejauh mana nih Atalanta bersaing di UCL musim ini?