Rossi bisa dibilang jadi pembalap paling senior yang masih aktif di lintasan saat ini. Pria yang menginjak usia 42 tahun pada bulan Februari ini masih punya ambisi yang tinggi setelah dirinya memutuskan untuk pindah ke tim satelit, Petronas Yamaha Sepang Racing Team.

Meski masih membalap, beberapa rider didikannya di VR46 Academy ada yang sudah jadi pembalap papan atas di kelas utama. Bahkan salah satunya jadi runner up musim lalu dan kini rekan satu tim dengannya, Franco Morbidelli.

Ada juga Francesco Bagnaia yang kini membalap bersama Jack Miller di tim pabrikan Ducati dan sang adik, Luca Marini di tim satelit Sky VR46.banner-ads


Banyak yang menebak-nebak kapan The Doctor bakal pensiun, mengingat kini usianya sudah kepala empat. Secara pribadi, Rossi punya target akan pensiun dua musim lagi jika dirinya sudah tidak kompetitif.

“Targetku adalah bisa balapan untuk dua tahun lagi,” ujar Rossi di sela-sela wawancara bersama tim MotoGP.

Meski begitu, banyak fans yang berkelakar sambil menebak-nebak bahwa Rossi akan mengakhiri karir balapnya di usia 46 tahun, sesuai dengan angka ikonik yang melekat pada dirinya.

Well, rasanya angka tersebut terlalu jauh untuk seorang pembalap. Sekarang pun banyak pengamat yang menilai bahwa Rossi udah mulai ‘menahan diri’ supaya tidak terlalu agresif di atas lintasan. Terlebih pasca tewasnya Marco Simoncelli di atas lintasan hampir sepuluh tahun lalu.

Walaupun target Rossi adalah dua tahun lagi, dirinya bisa hengkang lebih cepat atau lebih lama.

Sebelum musim 2021 dimulai, The Doctor pernah mengatakan bahwa dirinya akan langsung pensiun di akhir musim jika sudah tidak kompetitif bersama Petronas Yamaha dan baka; menambah satu tahun lagi jika masih bisa bersaing.

Para penggemar pun menilai dirinya akan terus berkata seperti itu di setiap akhir musimnya hingga sang legenda menyentuh usia 46 tahun.

Gimana menurut lo, Bro? Gue rasa MotoGP bakal sangat kehilangan sosok yang ikonik jika Rossi memutuskan untuk pensiun.