Delapan dari 14 balapan MotoGP 2020 dimenangkan oleh pembalap di tim satelit. Dengan Fabio Quartararo dan rekan setimnya di Petronas SRT Franco Morbidelli meraih tiga balapan, sementara dari Tech 3 Miguel Oliveira menang dua kali.banner-ads

Oliveira dan Quartararo mengendarai mesin yang didukung pabrik, sementara Morbidelli menggunakan Yamaha 'A-spec' M1, yang pada dasarnya adalah motor 2019. Morbidelli kemudian menjadi runner-up dari Joan Mir.

Pada tahun 2021, semua pembalap tim satelit kecuali duo Avintia dan Morbidelli akan menggunakan mesin spesifikasi terkini yang didukung pabrikan.

Apakah tim satelit kini bisa kembali menang di MotoGP 2021?

“Jujur, ya. Hampir semua tim satelit memiliki mesin yang sama dengan tim pabrikan, dukungan yang sama, kecepatan pengembangan yang sama. Kami bisa melihat tahun lalu dengan segala hormat kepada tim pabrikan kami. Kami memenangkan lebih banyak balapan daripada mereka," kata bos Tech3, Herve Poncharal.



“Jika Anda melihat apa yang terjadi di Jerez 2 dan Spielberg 1, kami bisa jadi sangat dekat dengan KTM dengan posisi terbaik di kejuaraan. Melihat Yamaha, jelas tim independen SRT pada tahun 2020 adalah tim unggulan Yamaha."

Melihat data tersebut, ia yakin tim satelit bakal sama dengan tim pabrikan di atas kertas. Menurutnya, tim satelit juga kini bisa juara.

“Saya sangat yakin tim independen dapat memenangkan kejuaraan berkat aturan teknis, terima kasih kepada pembalap yang kami miliki, terima kasih kepada pabrikan yang percaya pada operasi satelit mereka,” tuturnya.

image source:
MiotoGP