Talkmen.com --- Cara menjaga kebugaran selama menjalankan ibadah puasa.

Menjaga stamina agar tetap fit selama bulan puasa.   Stamina yang cukup akan sangat membantu kita dalam menjalankan ibadah puasa. banner-ads

Puasa memang sebuah nikmat yang harusnya kita syukuri. Tetapi terkadang puasa menjadi beban bagi sebagian orang yang kurang niat dan kurang bersyukur. Rasa lapar dan haus yang harusnya ditahan menjadi beban dan tidak disyukuri sebagai nikmat, walaupun sebenarnya puasa itu tidak sulit untuk dijalankan. Rasa lemas memang sering menghampiri kita. Maka dari itu, kita harus bisa mengatur kesehatan dan juga stamina kita agar tetap fit hingga waktu berbuka nanti.

Kali ini, kami akan mencoba memberikan beberapa tips yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh kita selama bulan Ramadhan. Dimulai dari hal-hal simpel yang pastinya mudah dijalankan, dan tidak perlu memakan banyak biaya dan juga tenaga.

Perhatikan menu sahur

Banyaklah konsumsi sayuran dan buah saat sahur.  

Sahur merupakan poin yang memegang peran penting dalam puasa kita sehari penuh. Makanan sahur yang tepat akan memberikan kita tenaga agar bisa terus kuat hingga waktu berbuka tiba. Salah satu menu makanan yang paling penting adalah sayur. Sayur memang sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh, karena sayur mengandung serat-serat penting yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Jangan lupakan makanan-makanan yang mengandung karbohidrat yang akan menjadi tenaga bagi Anda. Roti gandum, nasi merah, jagung, atau ubi-ubian bisa menolong Anda jika Anda merasa bosan dengan nasi putih yang sering kali Anda jumpai sehari-hari.

Jangan makan berlebihan saat berbuka

Hindari makanan berat dan berminyak sebagai menu berbuka.  

Memakan makanan berminyak pada saat berbuka puasa memang menarik, seperti gorengan. Makan berlebihan apalagi gorengan memang salah satu hal yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang berpuasa. Karena minyak yang terdapat pada makanan tersebut akan membuat tenggorokan terasa gatal dan kering jika Anda tidak banyak meminum air putih setelah itu.

Makanan berminyak juga menjadi penyebab dari menggumpalnya sel darah merah yang menyebabkan aliran oksigen berkurang hingga 20%, dan akibatnya cukup buruk bagi Anda yang bekerja ataupun bersekolah pada siang hari, yaitu rasa kantuk yang akan mengganggu kegiatan Anda.  Makan berlebihan saat berbuka puasa juga tidak dianjurkan, karena akan membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang.

Olahraga ringan teratur

Lakukan olahraga ringan seperti yoga untuk menjaga stamina.  

Olahraga memang sangat dianjurkan untuk Anda lakukan setiap hari, terutama saat berpuasa. Anda tidak perlu melakukan olahraga-olahraga berat seperti futsal, basket, atau lari, tetapi cukup dengan olahraga singkat dan ringan saja, yang pastinya berguna untuk mengatur stabilitas stamina tubuh Anda. Karena dengan daya tahan tubuh yang baik, pastinya akan membuat stamina Anda saat menjalankan ibadah puasa tetap terjamin dan bisa menjaga fokus Anda dalam bekerja.

Olahraga ringan seperti jogging atau workout santai dirumah pastinya tidak akan menguras tenaga Anda. Push up dan sit up bisa menjadi andalan Anda terutama dalam bulan puasa ini. Yoga juga bagus untuk melatih fokus dalam pikiran Anda, karena jika Anda menjalankan hari-hari Anda dengan suasana hati yang tenang, pastinya akan terasa lebih baik dan santai, tanpa ada beban apapun.

Konsumsi vitamin

Vitamin dan suplemen gizi bisa membantu menjaga stabilitas tubuh Anda.  

Tubuh kita pastinya membutuhkan asupan vitamin yang cukup selama menjalankan ibadah puasa. Biasakan konsumsi suplemen yang berkhasiat menjaga stamina dan konsentrasi agar tubuh tetap fit dan otak tetap fokus. Vitamin C sangat penting dalam hal ini karena dapat meningkatkan dan menjaga stamina pada tubuh kita.

Beberapa suplemen gizi juga dibutuhkan, walaupun tidak terlalu wajib untuk dikonsumsi. Tetapi tidak ada salahnya juga untuk Anda konsumsi demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Mungkin salah satu contoh suplemen seperti minyak ikan bisa membantu Anda dalam mempermudah otak untuk berpikir, dan tidak terlalu memeras tenaga jika Anda harus berpikir ekstra dalam menjalankan pekerjaan Anda.

Cukup istirahat

Waktu istirahat yang cukup berguna untuk menjaga stamina tubuh.  

Hal terpenting dari beberapa poin diatas terdapat pada poin terakhir ini. Ya, istirahat yang cukup akan sangat membantu Anda dalam menjalankan ibadah puasa. Istirahat yang cukup akan menghindarkan Anda dari rasa lemas dan juga menjauhkan Anda dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti mengantuk ditengah jam kerja.

Biasakan untuk tidur lebih awal, karena waktu tidur Anda akan tersita saat Anda bangun sahur nanti. Cobalah untuk mulai beristirahat sekitar satu jam setelah Anda selesai menjalankan ibadah Sholat Tarawih. Jam 9 atau jam 10 malam rasanya cocok untuk mulai beristirahat. Coba juga jalankan metode tidur siang pada jam istirahat kerja Anda. Luangkan waktu sekitar 30 menit untuk beristirahat pada siang hari, karena tidur siang yang cukup bisa membantu Anda untuk memulihkan stamina hingga adzan Maghrib berkumandang.

Puasa akan terasa nikmat jika kita menjalankannya dengan sepenuh hati. Badan yang sehat dan daya tahan tubuh yang bugar akan sangat membantu kita dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan ini.Ingat, menjaga kesehatan tidak ada ruginya sama sekali, baik itu saat menjalankan ibadah puasa ataupun dalam hari biasa lainnya. Selamat berpuasa, Bro!