Maverick Vinales mengklaim pole position MotoGP Emilia Romagna di Misano berturut-turut setelah catatan waktu putaran terakhir Francesco Bagnaia di kualifikasi dibatalkan. Bagnaia memecahkan rekor lap yang dibuat Vinales saat kualifikasi minggu lalu, selama FP3, namun mengalami kecelakaan.banner-ads

Lagi-lagi Bagnaia harus tersingkir setelah Jack Miller, rekan satu timnya di Pramac berhasil melewati Q1 dan melompat dari posisi 12 ke posisi kedua pada lap terakhir dengan catatan waktu 1m31.153s.

Fabio Quartararo malah naik ke posisi ketiga untuk menggulingkan Bagnaia. Rider Petronas itu diuntungkan setelah Bagnaia mengalami goyangan saat melakukan pengereman di tikungan terakhir.



Pol Espargaro melompat ke posisi keempat dengan KTM. Bagnaia pun harus puas berada di grid kedua bersama Brad Binder. Di grid ketiga ada Valentino Rossi yang berada di posisi ketujuh, pemenang GP San Marino, Franco Morbidelli dan pembalap Ducati Danilo Petrucci bergabung dengannya di baris ketiga.

Andrea Dovizioso menyelinap ke Q2, tetapi hanya bisa menempati posisi ke-10, dengan Joan Mir dari Suzuki berada di urutan ke-11 di depan Takaaki Nakagami.

Perbaikan catatan waktu terlambat untuk Dovizioso di Q1 menghancurkan hati Iker Lecuona. Ia telah memuncaki sesi dengan catatan waktu 1m31,715s setelah putaran pertama, tetapi akan memulai balapan di urutan ke-13, itu jadi yang terbaik dalam karirnya. Di susul oleh Johann Zarco dari Avintia, yang tidak dapat pulih dari kecelakaan.

Miguel Oliveira akan start ke-15 dengan rider Tech 3 KTM. Aleix Espargaro di urutan ke-16 untuk Aprilia setelah jatuh di akhir Q1.

Alex Rins dari Suzuki berada di urutan ke-18 yang menakjubkan karena tidak berhasil mencapai waktu Q2 pada 1m32.275s di belakang Alex Marquez dari Honda. Di bawahnya ada Bradley Smith dan Tito Rabat dari Avintia.