Menyusul keputusan Zarco untuk meminta keluar dari kontrak satu tahun lebih awal, KTM memutuskan untuk menyingkirkan juara dua kali Moto2 itu. Posisinya kini digantikan rider penguji Mika Kallio untuk sisa musim ini, dimulai di Aragon akhir pekan lalu.banner-ads

Dalam pengumumannya, KTM mengklarifikasi bahwa Zarco akan tetap berada di perusahaan Mattighofen itu sampai akhir tahun, meskipun ia tidak akan lagi mengendarai motor RC16-nya.

Pembalap berusia 29 tahun itu tidak merahasiakan ambisinya untuk tetap berada di MotoGP sebagai pembalap uji coba dengan wildcard musim depan. Terlebih kini ada rumor Zarco dekat dengan pabrikan lain dalam waktu dekat.



"Untuk menggarisbawahi betapa saya sangat menyukai bocah ini dan betapa saya menginginkan yang terbaik untuknya, meskipun ia terikat kontrak dengan kami dan kami akan membayarnya sampai hari terakhir musim ini, tetapi jika ia ingin menguji motor apa pun atau balapan motor apa saja, dia bisa balapan melawan kita," kata bos KTM, Beirer

"Jika ada peluang atau peluang terkecil, dia harus memanfaatkannya dengan dukungan penuh saya dan kami akan memperbaiki semua surat yang diperlukan untuk mendapatkan rilis itu."

Zarco telah dikaitkan dengan kembalinya ke Yamaha untuk 2020 sebagai pengendara tes, dengan opsi untuk balapan di MotoGP atau bahkan Moto2 tahun depan.