Memiliki pencahayaan atau lighting yang baik merupakan salah satu komponen yang penting dalam fotografi. Dengan memiliki pencahayaan yang baik, sebuah foto yang diambil dapat terlihat lebih berkarakter, dapat memberikan efek khusus, serta membuat tampilan foto menjadi artistik.

Namun sayangnya, pencahayaan atau lighting tambahan biasanya membutuhkan biaya yang tidak murah. Sehingga, fotografer perlu menggocek lebih untuk membeli alat lighting atau sekadar menyewanya.

Nah, jika Lo membutuhkan pencahayaan tambahan dan sedang mencari alternatif lain dari menyewa atau membeli lighting tambahan, Lo bisa banget menggunakan beberapa alat lighting sederhana yang bisa Lo temukan di rumah.  Simak sampai habis untuk info lengkapnya!

1. Lampu Emergency

 

Kalau Lo punya lampu emergency di rumah yang biasa digunakan saat mati lampu, bisa banget nih digunakan untuk lighting sederhana!

Biasanya, lampu emergency punya banyak jenis dan ukuran. Nah, supaya simpel dan mudah dibawa ke mana-mana, Lo bisa pilih lampu emergency dengan ukuran kecil atau sedang jadi bisa membuat Lo lebih fleksibel  dan nggak terlalu ‘makan tempat’ ketika perlu pindah ke satu tempat ke tempat lainnya ketika melakukan photoshoot. Oh ya, salah satu kelebihan dari lampu emergency selain mudah dibawa ke mana-mana juga Lo bisa mengatur intensitas cahaya mulai dari redup, sedang, hingga ekstra terang. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan Lo, deh!

2. Flashlight Smartphone

Pernah coba pakai pencahayaan dari flashlight smartphone? Well, selain dapat digunakan untuk membantu penerangan serta mengambil foto saat malam hari, fitur yang sudah ada di hampir semua smartphone ini juga bisa Lo gunakan untuk pencahayaan saat mengambil foto. Caranya juga cukup mudah, Lo tinggal menyalakan fitur ini dari smartphone, lalu arahkan smartphone ke arah yang membutuhkan pencahayaan tambahan.

3. Buat DIY Beauty Dish

Alat lighting yang biasa digunakan pada studio foto dengan bentuk seperti payung pasti sudah sering Lo lihat, bukan? Nah, alat ini dinamakan beauty dish. Jika Lo kekurangan budget untuk membeli atau menyewa alat ini, kabar baiknya Lo bisa bikin dengan sederhana dan mudah kok di rumah!

Lo cuma perlu siapin baskom, alumunium foil, sumpit kayu, kardus, lakban hitam, gunting, dan jangka untuk membuat DIY beauty dish. Tapi, biar Lo lebih paham ini dia cara membuatnya:

  • Ambil baskom dan lubangi bagian tengah. Lo bisa menandai area mana saja yang akan dilubangi dengan pensil.
  • Potong bagian tengah baskom menggunakan cutter.
  • Siapkan kardus, lalu buat pola lingkaran menggunakan jangka, kemudian gunting kardus membentuk lingkaran. Kardus ini aka menghasilkan cahaya berbentuk cincin. Setelah itu, lapisi kardus dengan alumunium foil.
  • Lapisi bagian dalam baskom dengan alumunium foil. Pastikan semua bagian tertutupi oleh alumunium foil, ya.
  • Gabungkan kardus berbentuk lingkaran dengan baskom menggunakan beberapa batang sumpit. Lo bisa memotong sumpit kurang lebih sepanjang 10 cm.
  • Buat 3 lubang baru di baskom dan kardus menggunakan cutter atau gunting. Lubang ini dibuat supaya sumpit bisa berdiri tegak.
  • Pasang flash extension di kamera, lalu pasang beauty dish yang sudah dibuat.
  • Supaya beauty dish yang Lo buat tidak terlepas dari flash extension, Lo bisa menggunakan lakban hitam supaya tetap merekat dengan kuat.

4. Lampu Belajar Portabel

Punya lampu belajar portabel di rumah yang biasa digunakan untuk membaca? Barang ini juga bisa banget Lo gunakan sebagai lighting tambahan ketika memotret, lho! Serupa dengan flashlight dari smartphone ataupun lampu emergency, Lo bisa menggunakan lampu belajar untuk menyoroti area yang kurang pencahayaan.

5. Ring Light Selfie

Alat yang satu ini memang sudah menjadi benda yang wajib dimiliki oleh siapapun, mulai dari content creator, photographer, hingga model. Dengan memiliki ring light selfie, Lo bisa menghasilkan foto dengan pencahayaan seperti di studio hanya menggunakan kamera smartphone.

Kabar baiknya, Lo juga bisa kok menggunakan ring light selfie untuk lighting tambahan saat memotret objek, jadi bukan hanya selfie. Lo cukup pasang ring light selfie di atas ponsel, lalu nyalain lampunya dan arahkan ke area yang memang membutuhkan pencahayaan tambahan. Multifungsi banget!

6. DIY Reflector

Sedang melakukan pemotretan makanan, minuman atau bahkan model, namun pencahayaan kurang? Hal ini bisa Lo akalin menggunakan reflector! Fungsi dari alat ini adalah untuk memantulkan cahaya hingga mengurangi kontras cahaya pada objek yang dipotret. Nah, nggak perlu mengeluarkan biaya banyak, Lo juga bisa kok membuat DIY reflector sederhana dari kardus atau styrofoam.

Untuk bahan-bahannya, Lo akan membutuhkan kardus atau styrofoam berukuran sedang, aluminium foil, dan lakban hitam. Cara membuatnya juga gampang banget:

  • Siapin alat dan bahan yang sudah dijelaskan di atas.
  • Ambil styrofoam atau kardus, lalu bungkus salah satu sisinya menggunakan aluminium foil.
  • Rekatkan bagian belakang menggunakan lakban hitam supaya tidak mudah lepas.
  • DIY reflector siap Lo gunakan!

7. String Lights/Lampu Tumblr

Jenis lampu yang satu ini pasti udah nggak asing bagi Lo.  String lights atau dikenal juga dengan lampu tumblr biasanya digunakan di dinding kamar sebagai pencahayaan ketika kita tidur. Meskipun cahayanya nggak begitu terang seperti lampu LED, jenis lampu yang satu ini bisa menerangi subjek foto dengan cara yang kreatif karena memiliki berbagai warna yang bisa Lo atur.

Jadi, sepakat ya kalau memotret dengan pencahayaan tidak selalu membutuhkan biaya yang mahal? Lo bisa mencoba salah satu lighting alternatif di atas untuk menghasilkan foto yang makin keren. Setelah mendapatkan hasil foto yang ciamik, Lo juga bisa edit foto pakai aplikasi HP atau yang ada di desktop supaya hasilnya semakin maksimal. Selamat mencoba!