Kenalan sama urban photography, yuk! - Supaya dapet foto yang menarik, Lo bisa menjepret gambar dengan latar perkotaan yang pas banget buat fotografi. Hal ini karena perkotaan memiliki energi dan kehidupan yang menarik untuk diabadikan. Nah, Dari sinilah kemudian lahir urban photography, salah satu teknik yang modern dan paling sering digunakan. Lalu, apa arti dari jenis fotografi tersebut? Yuk, lanjut baca di bawah ini!

Jadi, Apa Itu Urban Photography?

Fotografi jenis urban adalah gambar yang menunjukan visual dari wilayah dan segala sesuatu yang membentuk lingkungan tersebut. Seperti struktur geometri dan arsitektur, hingga manusia dan makhluk hidup lainnya. Tentunya, teknik ini bisa banget Lo gabungkan dengan genre lainnya, seperti fotografi arsitektur, dokumenter, portrait dan fine art. Nah bisa dibilang, perspektif urban photography itu tergantung pada siapa yang melihat dan menilainya.

Urban photography berbeda dengan street photography, perbedaannya adalah tujuan dari fotonya. Urban photography menunjukkan kehidupan pada daerah kota. Sementara, fotografi jalanan adalah dokumentasi visual orang-orang di berbagai tempat umum. Nah biasanya, objek yang diambil merupakan objek yang berada di ruang terbuka. Objek akan di foto dengan cara candid atau tanpa arahan. Tujuannya, agar dalam foto ini menggambarkan kondisi yang sebenarnya tanpa adanya manipulasi.

Tips Urban Photography
Nah untuk mendapatkan gambar urban photography, Lo bisa ikuti beberapa tips ini untuk menghasilkan foto yang bagus. Berikut tipsnya:

1. Maksimalkan Lingkungan di  Sekitar Kota

Tentunya sebagian besar populasi yang ada pada dunia ini tinggal di perkotaan. Hal itu menjadi salah satu alasan, urban photography menjadi genre yang paling cocok buat pengambilan foto. Jadi, Lo bisa banget nih berjalan-jalan keliling kota, sambil mencari tempat yang asyik dan keren buat difoto. Gunakan imajinasi dan biarkan inspirasi mengalir untuk menemukan tempat yang bagus, seiring Lo berjalan.

2. Lighting is The Key!

Cahaya menjadi elemen yang penting untuk fotografi, karena tanpa itu sulit buat Lo bisa menghasilkan foto yang terlihat menarik. Begitu pula dengan urban photography, Lo harus sadar dan mengamati kondisi cahaya di lokasi foto. Setidaknya, Lo udah mengenal teknik foto seperti saat golden hour (sunset & sunrise). Atau, Lo bisa menggunakan aplikasi pengukur cahaya pada smartphone, untuk membantu mengetahui kapan pencahayaan alami di kota.

3. Memotret Gerakan

Pada saat semuanya bergerak, orang berjalan cepat, kendaraan bermotor maupun mobil yang melintas dan aktivitas lainnya. Hal itu yang membuat gerakan yang menjadi salah satu elemen penting dalam urban photography. Nah, cara yang  paling mudah untuk memotret genre urban yaitu dengan menjepret benda bergerak, seperti orang atau kendaraan. Tentunya, untuk bisa menggambarkan foto dengan bidikan, Lo bisa menjepret dengan settingan kamera yang high shutter speed atau long exposure.

4. Gunakan Lensa yang Tepat

Pada dasarnya urban photography harus memperhatikan detail setiap gambarnya, seperti sebuah gedung, teksturnya, bentuknya dan kontras dengan lingkungan di sekitarnya. Hal yang paling penting biar Lo bisa menghasilkan hasil foto yang menarik adalah dengan memilih lensa yang tepat. Sebaiknya jangan memilih lensa zoom tele karena akan membuat hasilnya terlihat kurang pas. Lo bisa memilih lensa dengan wide-angle.

5. Berani Bermain Warna

Elemen penting lain dari urban photography ini adalah Lo harus pintar untuk memainkan cahaya alami. Nah, dengan begitu Lo tetap harus memperhatikan unsur warna yang ada dalam foto. Dengan warna yang lebih beragam, gambar yang Lo hasilkan pasti akan lebih menarik. Jangan takut foto Lo bakal terkesan terlalu colorfull dengan memainkan warna.

6.  Selalu Perhatikan Setiap Detail

Biasanya, genre urban photography dianggap sebagai versi metropolitan dari landscape photography. Namun, meski boleh banget Lo memotret area luas dan wide angle shot, ketahui bahwa urban photography lebih dari itu. Lo juga perlu untuk memperhatikan setiap detail sebuah gedung, seperti teksturnya, bentuknya dan seperti apa kontrasnya dengan lingkungan di sekitarnya. Ini contoh saja dan memang sedetail itu seharusnya urban photography dilakukan.

7. Bersikap Ramah
Apabila Lo mau memotret candid, coba deh untuk memulai percakapan yang menyenangkan dan sopan meminta izin. Karena, bisa saja subjek akan merasa tidak nyaman ketika mereka melihat orang asing mengambil foto. Setelah Lo meminta izin, bisa saja mereka menjadi terbuka dan disambut dengan senyum hangat.

Well, itulah pengertian dan tips  urban photography yang bisa Lo coba. Nggak sulit kan? Yang penting Lo emang harus pinter-pinter untuk menentukan waktu yang tepat. Selain itu, nggak harus pake kamera digital kok, Lo bisa menggunakan kamera smartphone biar bisa langsung upload ke Instagram. Tentunya, jangan sampai salah memilih objek foto ya, biar hasil foto Lo kelihatan unik dan juga original.