DI era digital seperti saat ini, teknologi kamera smartphone juga semakin meningkat. Bahkan, sejumlah kamera smartphonoe diklaim memiliki kemampuan yang setara dengan kamera DSLR dan juga Mirriorless. Maka dari itu juga, banyak professional yang mulai menggunakan smarphone sebagai daily driver dalam memotret.

Sudah banyak juga fitur yang ditanamkan dalam kamera smarphone, seperti mode auto dan juga mode manual. Mode manual ini memungkinkan kita untuk memperindah hasil foto dengan racikan format kita sendiri, lalu bagaimana cara memaksimalkannya

1. Atur Kecepatan Rana Lensa



Mode manual smartphone memiliki fitur shutter speed atau rana. Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengatur tingkat blur atau memotret gambar dengan efek yang lebih dramatis. Selain itu, kita juga bisa memotret objek yang memiliki kecepatan tinggi dengan mengatur shutter speednya.

2. Maksimalkan White Balance



Berbeda dengan mata manusia yang meilhat warna objek dengan jelas, lensa kamera melihat dengan warna yang berbeda. Nah, di mode manual ini sudah dilengkapi dengan fitur white balance. Fitur ini membuat kita bisa mengatur tingkat white balance sesuai dengan pencahayaan, untuk menghasilkan tone warna yang kita inginkan

3. Kuasai ISO



Mode manual kamera smartphone juga memiliki pengaturan ISO, yang merupakan fitur untuk mengatur tingkat sensitivitas lensa terhadap cahaya. Jika kamu bisa menguasai ISO, maka memotret dengan smartphone akan membuat hasilnya terlihat gak kalah dengan menggunakan kamera mahal.

4. Gunakan Fitur HDR

Memanfaatkan fitur HDR akan membuat foto yang dihasilkan memiliki tingkat kecerahan lebih baik, serta ideal untuk dimanfaatkan saat mengambil foto dalam kondisi cahaya minim. Pada beberapa kamera smartphone juga terdapat fitur HDR+, yaitu tingkat lebih lanjut dari fitur HDR.

5. Memotret Format RAW

Kamera smartphone saat ini juga memiliki format RAW, atau gambar mentah, sehingga kita bisa lebih mudah untuk melakukan editing. Selain itu, format RAW juga tidak mengalami kompresi, sehingga jepretan kita akan terlihat lebih detail.

Itu dia tips memaksimalkan mode manual di Smartphonemu!  Jangan lupa pantengin terus @lensacommunity di Instagram untuk mendapatkan update terbaru seputar visualgrafi mulai dari fotografi, videografi, vlog dan lain sebagainya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!