Bagaimana mendapatkan gambar arsitektural yang punya kesan dan pesan yang berbeda lebih dari sekedar dari gambar bangunan. Di sinilah kreatifitas mu sebagai fotografer bermain tatanan obyek (komposisi) yang tepat memanfaatkan elemen – elemen visual yang bisa dijadikan sesuatu yang menarik mulai pola, perspektif, pencahayaan, dan masih banyak unsur lain. Lalu bagaimana mendapatkan komposisi yang baik, berikut tips dari Lensa Community:

1. Eksplorasi Angle
 

Apapun obyeknya jangan terfokus dengan 1 angle, ambil angle – angle lain yang bisa di eksplorasi lagi, bisa dari atas, samping, diagonal, apapun itu bisa kamu coba dan cek hasilnya. 

2. Optimalkan Cahaya dan Bayangan

 
Cahaya dan bayangan bisa membuat sebuah bangunan lebih terasa arsitekturalnya karena adanya gradasi pada bangunan tersebut. Permainan gelap dan terang merupakan bagaimana kita sebagai fotografer meracik hal tersebut. 

3. Refleksi 
 


Memanfaatkan material – material yang bisa memantulkan obyek (refleksi) juga bisa membuat komposisi menarik dari arsitektural dalam satu frame. Misalkan memotret sebuah bangunan dengan merefleksikan menggunakan genangan air atau danau. 

4. Bermain Perspektif
 


Perbedaan cara pandang (perspektif) bisa menjadikan sajian baru dalam komposisi dengan memanfaatkan dimensi bangunan tersebut menjadi sebuah komposisi gambar yang berbeda.  

5. Tambahkan Elemen Lain ke dalam Framing
 


Kamu bisa memasukkan elemen visual lain dari foto arsitektural seperti memasukkan cuaca, pohon, lampu, dan apapun itu bisa kamu masukkan dalam framing mu asalkan elemen tersebut bisa mendukung kesan dari arsitektural tersebut. 

Semoga ini memberikanmu hal – hal baru agar kamu gambar mu semakin menarik dan punya kesan dan pesan yang mendalam dalam setiap hasil gambarmu yang dipotret. Jangan lupa follow @lensacommunity untuk mendapatkan update terbaru seputar informasi visualgrafi.