Ketika bicara soal kreativitas, motor retro sepertinya bagaikan kanvas kosong buat sebagian modifikator. Seperti Jan Stadler yang mengubah unit CZ 175 ini jadi sebuah cafe racer.

Tapi ada yang unik dari motor satu ini, Bro. Soalnya Stadler menggunakan aluminium dari tong bekas penyimpanan minuman untuk beberapa part modifikasi. Uniknya lagi, Stadler mencari tong penyimpanan minuman dari tahun yang sama dengan motor tersebut, yaitu di kisaran 1970an.

Mengubah tong aluminium jadi beberapa part bukan hal yang mudah. Material setebal 7 mm itu membutuhkan usaha ekstra supaya terpotong dengan baik. Belum lagi membentuk dan menyatukannya supaya bisa pas dengan body motor.


Membentuk bagian fairing adalah salah stu bagian tersulit menurut Stadler. Ditambah dirinya harus bisa menyematkan sebuah kaca penutup headlight yang juga dibentuk secara tradisional untuk bisa terlihat mulus menyatu dengan fairing yang ada.

Dirinya juga hanya memoles dan membiarkan warna asli aluminium tersebut di beberapa bagian, kecuali pada tangki bensin. Di sana Stadler kembali berkreasi dengan mengecatnya secara manual menggunakan tangan. Hasilnya adalah visual dengan warna cerah yang kontras dengan sekitarnya.


Meski hadir dari era 70an, Stadler memilih untuk tidak melakukan upgrade pada bagian mesin, dirinya hanya mengganti beberapa part yang dianggap sudah usang dengan perangkat sejenis dan memolesnya dari bagian luar. Mungkin hanya bagian karburator yang mengalami peningkatan supaya performa motor ini terasa lebih segar.

Mesin tersebut lalu dihubungkan dengan sistem pembuangan custom yang dibuat lurus seperti sebuah pipa, sejajar dengan body dan diletakkan tepat di bawah jok.

Hasil akhir dari motor ini membuatnya tampil beda dari yang lain, dan jelas bakal jadi pusat perhatian ketika melaju di jalanan.