Fakta Motor Legendaris Ajang MotoGP, Honda NSR500

LAZONE.ID - Motor ini dikendarai oleh Mick Doohan hingga Valentino Rossi.

MotoGP 2019 telah mengumumkan Marc Marquez sebagai juara dunia untuk ke-6 kalinya. Meskipun sempat kecelakaan di sesi free practice, Marquez akhirnya juara karena jarak poinnya yang terlampau jauh dengan para pembalap lain.

Dominasi Marquez ini mengalahkan catatan Mick Doohan sebagai pemilik gelar terbanyak di kelas primer dengan catatan tersebut.

Buat lo yang belum tau, Michael “Mick” Doohan adalah pemegang lima gelar kelas primer MotoGP dari tahun 1994-1998. Pada masa jayanya tersebut, Doohan mengendarai motor Honda NSR500. Motor ini adalah motor yang mendominasi di era MotoGP 2-tak dengan 10 gelar juara dunia pembalap, 11 gelar konstruktor, dan lebih dari 130 kemenangan balapan.

NSR500 ini hadir pada tahun 1984 sebagai suksesor dari motor NS500 dengan mesin V bersilinder 3. Mesin baru dari NSR500 ini bawa satu silinder lebih yang juga hasilnya menambah besar tenaga yang dikeluarkannya, Bro. Total, motor dengan 4 silinder ini bisa ngeluarin tenaga sebesar 183 tenaga kuda.

Pada saat pertama dirilis, motor ini emang gak tertandingi, Bro. Soalnya NSR500 versi upgrade ini punya kecepatan hingga 310km/jam. Kecepatan tersebut sempet bikin para mekanik Honda yang terlibat di dalam kompetisi MotoGP khawatir motornya tidak bisa dikendalikan.

Pada tahun 1994 jadi tahun kejayaan buat Honda NSR500. Karena kayak yang gue sebutkan barusan, motor ini digunakan oleh pembalap legendaris Mick Doohan untuk memenangkan kompetisi MotoGP. Pada tahun tersebut

Salah satu pembalap ternama yang juga pernah mengendarai motor legendaris ini adalah Valentino Rossi. ‘The Doctor’ sendiri mengendarai motor ini di ajang balap tersebut pada tahun 2001 lalu. Uniknya Bro, motor NSR versi yang dikendarai oleh Rossi pada ajang balap ini cuma diproduksi sebanyak 46 buah di dunia. Angka ini menyesuaikan dengan nomor yang identik dengan pembalap asal Italia tersebut.

Wah keren nih, Bro. Lo bakal berasa mirip Mick Doohan dan Valentino Rossi kalau bisa menunggangi motor legendaris ini.