Harley Sportster XLCH Beach Racer

LAZONE.ID - Motor yang terinspirasi dari The Race Of Gentlemen.

Salah satu ajang terbesar dalam sepeda motor adalah The Race Of Gentlemen yang diadakan setiap musim panas di pantai Jersey. Itu merupakan rekreasi sprint di pantai sejak akhir 40'an.

Mobil dan motor dimodifikasi, dirancang agar terlihat seperti pembalap dari paruh pertama abad ke-20. Seperti yang lo bayangkan, itu adalah hobi yang mahal.

Builder asal Inggris, Shaun Fenton yang berbendera Hoston Moto pun terinspirasi dari ajang tersebut. Ia membangun sebuah Harley Sportster.

Harley Sportster XLCH Beach Racer

"Selama bertahun-tahun saya ingin sekali bergaya seperti orang-orang dari tahun 40'an itu. Saya terinspirasi dari Harley orisinal pada era itu. Jadi saya memutuskan untuk membuat replika," kata Shaun.

Di dataran Inggris, motor Harley yang paling terjangkau adalah Ironhead Sporthead tahun 70'an. Motor itu pun dibeli lalu dipreteli.

"Motor itu diimpor ke Inggris sebagai proyek restorasi, ia sepertinya merana di garasi selama lebih dari sepuluh tahun," tuturnya.

Harley Sportster XLCH Beach Racer

Chassis masih terlihat bagus untuk style yang diinginkan. Roda belakang dan rem belakang juga masih utuh dengan tambahan ban Dunlop.

"Jok yang dipakai relatif lebih cepat dibuat, begitu kami memutuskan untuk membentuk motor. Saya mendesain tangki bahan bakar, saya ingin Harley klasik tapi sesuatu yang biasa," ujarnya.