Honda CB500 Four Klasik Penuh Cita Rasa

LAZONE.ID - Ada sentuhan yang bikin motor jadi lebih mewah.

Honda CB500 Fours telah menjadi sangat populer di kancah modifikasi. Padahal ia selalu ada bayang-bayang sang kakak, CB750 yang secara luas dianggap sebagai 'superbike' pertama, dan bahkan memiliki tempat di AMA Motorcycle Hall of Fame.

Ton-up Garage tak ingin menghilangkan warisan tersebut. Builder asal Portugal itu membangun sebuah penghormatan kepada keluarga CB Four yang legendaris.

"CB750 adalah model besar dari empat keluarga dan paling ikonik. Tapi di ruang bawah tanah kami, ada adik perempuannya yaitu CB500 Four yang perlu dipulihkan".

Honda CB500 Four Klasik Penuh Cita Rasa

Ton-up ingin memberikan penanganan dan kinerja CB500 awal 70-an, tanpa kehilangan estetika dan nostalgia CB asli. Jadi itu menjadi restomod dengan beberapa non-negotiables karena dibutuhkan sistem knalpot empat-ke-empat dan roda spoked dengan tangki asli dan panel samping harus tetap ada.

Untuk meningkatkan penanganan, tim mencangkokkan up side down dan pengereman dari Yamaha R1 tahun 2002. Mereka hanya membutuhkan satu disk, jadi yang satunya dipasang ke roda belakang untuk pengereman yang lebih baik.

Honda CB500 Four Klasik Penuh Cita Rasa

Bagian belakang bodywork cukup baik, setelah Ton-up memotong frame untuk mengambil bagian kursi dan ekor baru. Pengerjaan bingkai belakang lebih dari sekadar pekerjaan potong saja. Ton-up membuang setup twin-shock asli, dan menganimasikan bingkai untuk menerima kejutan mono shock dengan lengan ayun aluminium dari motor sport Yamaha FZR 400R tahun 1990an.

Dengan begitu banyak investasi untuk menciptakan penghormatan yang sempurna, Ton-up tahu mereka harus mengerjakan pengecatan dengan benar. Mereka mengambil inspirasi dari grafis CB klasik dan menambahkan palet mereka sendiri.