Indian Motorcycle Jadi Flat Track

LAZONE.ID - Motor ini dibuat untuk menghormati seorang pembalap muda.

 

Pada awal abad ke-20, tepat di seberang Benua Amerika, motordromes dipenuhi ribuan penonton menyaksikan orang-orang tercepat di atas dua roda bertempur di sirkuit. Di antara tim pabrik, ada seorang anak pembalap yang luar biasa.

Hampir 100 tahun berlalu, Indian Motorcycle telah beralih menjadi salah satu pabrikan utama di Eropa dan pemasok terbaik dunia untuk menghormati Albert ‘Shrimp’ Burns. The Glimmer Twins dari Anvil Motociclette telah membuat sebuah Flat Track Scout Sixty Racer untuk menghormati anak itu.

”Salah satu gairah terbesar kami adalah membaca tentang sejarah sepeda motor. Selama penelitian kami, kami menemukan kisah tentang Shrimp dan kami tiba-tiba terpesona olehnya,” katanya.

Indian Motorcycle Jadi Flat Track

Yang menarik perhatian pasangan ini adalah kehidupan pendek Shrimp Burns, yang memulai balapan secara profesional pada usia empat belas tahun. California Kid memenangkan begitu banyak dari saingan dewasanya.

Bocah ajaib itu meraih kemenangan di sebuah pertemuan besar meskipun mengendarai motor dengan cedera tulang selangka dan bahu patah. Tetapi hanya dua hari setelah ulang tahun ke-23, ia meninggal di sirkuit Ohio. Ketika itu, tunangannya datang ke lintasan untuk menyaksikan dan memberi kejutan kepadanya.

Indian Motorcycle Jadi Flat Track

Berangkat dari inspirasi itu, tim Anvil berbenah dengan menambahkan beberapa anggota seperti pembuat frame, insinyur hingga mekanik. Proses pembuatan rangka untuk flat tracker pun dimulai.

Sasis utama dimodifikasi dengan backbone berdiameter besar. Sasis ukuran besar juga dipakai untuk mendukung subframe.

Plat custom untuk mendukung swingarm dirancang dengan pengaturan suspensi kembar dan memungkinkan perubahan wheelbase. Suspensi Ohlins juga dipakai pada bagian garpu depan.

Indian Motorcycle Jadi Flat Track

“Ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi kami, sudah jelas dalam pikiran kami tentang proyek ini sejak awal dan kami mengikutinya. Kami terinspirasi oleh Albert 'Shrimp' Burns, sehingga ceritanya membuat kami kuat dan fokus pada hasil akhir," tuturnya.

Setelah selesai Indian V-Twin 61 cm kubik yang indah dengan empat kepala katup akhirnya bisa dimasukkan ke dalam bingkai. Untuk menyelesaikan modifikasi mesin, filter udara K & N dipakai dengan sistem knalpot custom.