Wild Horse, Yamaha Japstyle Simple dan Elegan

LAZONE.ID - Paduan warna silver dan coklat juga bikin tampilannya jadi minimalis

Japstyle jadi salah satu alternatif buat para builder dan enthusiast yang ingin punya motor dengan tampilan simple, dan punya vibes retro. Mirip dengan scrambler, namun gaya satu ini punya ciri khasnya tersendiri.

Seperti Brice Augry dari AG Custom Motorcycles yang memilih gaya Japstyle saat merombak sebuah motor klasik, Yamaha XS400. Tipe XS400 sendiri adalah motor middleweight yang dirilis tahun 1977-1982. Dengan 39 horsepower dan mesin 392cc, XS400 dapat dengan mudah mengalahkan motor lain yang ada di kelasnya.

Dirinya ingin mengubah motor klasik yang punya tampang ketinggalan zaman ini jadi sesuatu yang simple dan elegan. Makanya, Brice memilih karakter Japstyle pada modifikasi tersebut.


Brice mendapatkan motor ini dalam keadaan yang lumayan mengenaskan. Dirinya melihat sebuah motor yang body-nya sudah dilucuti, dan tersisa frame, sepasang roda, serta mesin yang udah hilang sebagian part-nya.

So, dengan itu Brice udah gak perlu melepaskan body yang ada dan tinggal lanjut membangun dari frame yang sudah ‘telanjang’ itu.

Brice pun mengecat semua bagian frame tersebut dengan warna silver secara merata. Lalu dirinya memasangkan tangki bensin dari Honda CB 200 dan menerapkan warna cat yang sama pada bagian tersebut. Tanpa detailing lebih lanjut, Brice menggunakan warna silver ini hampir di seluruh bagian.


Kontras jelas terlihat di bagian jok dan hand grip yang berwarna coklat muda. Warna coklat inilah yang memberikan kesan elegan pada motor simple tersebut. Uniknya, jok motor ini dibungkus dengan kulit yang biasa jadi material sofa premium.

Beda dengan body, bagian mesin mendapat banyak banget rombakan. Bearing, kepala silinder, katup, piston, gearbox, knalpot stainless steel yang punya sistem pembuangan 2 into 1, dan sepasang filter udara baru dipasangkan pada motor ini.

Ini membuat mesinnya bisa kembali berjalan normal seperti sediakala. Pada akhirnya, Brice membuat sebuah motor dengan tampilan klasik namun punya feel mesin yang sangat fresh!