Project X, Cafe Racer Si Penikmat Senja

LAZONE.ID - Motornya anak indie

Riding bareng saat senja dekat pantai, atau di pinggiran kota dengan pemandangan yang indah mungkin merupakan dambaan buat sebagian bikers. Semilir angin sepoi-sepoi dengan warna langit yang keemasan bikin sebagian orang lebih enjoy saat berkendara.

Emang sih lo bisa menggunakan motor jenis apapun untuk melakukannya. Baik matic, trail, tourer, naked sport, scrambler, bahkan cafe racer. Asalkan lo menikmati perjalanan tersebut, semua motor bisa lo gunakan untuk menikmati suasana tersebut.

Tapi untuk memaksimalkan pengalaman tersebut, Florian Taverne dan Christophe Kling dari Taverne Motorcycles di Prancis membuat sebuah cafe racer yang senada dengan mentari senja di sana.

 

Mereka menggunakan Buell M2 sebagai dasar untuk modifikasinya. Secara kasat mata, Buell M2 bawaan pabrik bukan motor yang menarik untuk dipandang. Mesin dan komponen yang memenuhi bagian belakang half fairing serta di bawah tangki bensin bikin motor ini terlihat “terlalu padat”. Tentunya dengan sedikit perubahan di tangan builder seperti Taverne dan Kling motor seperti ini bisa berubah jadi sesuatu yang menakjubkan.

Untuk merampingkan Buell M2 yang terlihat terlalu bulky, Taverne memangkas dan menyesuaikan lebar frame yang ada di bawah bagian body. Perubahan pada bagian frame ini menimbulkan satu tantangan baru bagi mereka, yaitu membuat body aluminium yang sesuai dengan bentuknya yang berubah.

Taverne pun memilih untuk membuat body yang menyelimuti tangki bensin hingga ke belakang dengan gaya monocoque. Setelah dipermak, bagian bawah tangki bensin ini terdapat ruang lebih yang mereka manfaatkan untuk merapikan sistem kelistrikan motor.  Tentunya ini membuat bagian kontrol di depan terlihat lebih clean looking.

 

Mesin Buell M2 adalah salah satu yang membuat motor ini terlihat bongsor. Tapi bukan tanpa alasan Bro, soalnya mesin tersebut adalah sebuah mesin v-twin berkapasitas 1200cc. Namun Taverne menambahkan karburator Mikuni HSR untuk meningkatkan performa mesin tersebut.

Taverne memberikan finishing body yang berwarna keemasan yang senada dengan matahari menjelang sunset. Bikin motor ini cocok banget buat nikmatin senja sambil riding.