Moto Guzzi adalah salah satu motor yang jadi langganan modifikasi gaya cafe racer. Dasar yang sudah ‘terbentuk’ dan juga relatif mudah dibongkar pasang bikin banyak yang meminati motor satu ini sebagai dasar modifikasi mereka.

Samuel Aguiar, dari workshop modifikasi Shiny Hammer asal Prancis adalah salah satu orang yang kepincut untuk bikin cafe racer Moto Guzzi. Motor yang ia gunakan adalah sebuah Moto Guzzi 1000 SP yang rilis tahun 1981 silam.

Ide membuat sebuah cafe racer dengan tampilan raw look adalah karena Samuel tidak menyukai body mirip plastik bawaan pabrik motor tersebut.


Untuk mendapatkan raw look tentunya Samuel harus menggunakan logam di sekujur tubuh motor tersebut.

Hampir di seluruh bagian bodywork, dirinya menggunakan material aluminium. Hampir semua bagian body ini dibentuk sendiri oleh Samuel ketika memiliki waktu luang. Bagian fairing terlihat unik karena dirinya membentuk bagian tersebut secara khusus supaya bisa jadi cover yang pas untuk lampu depan LED skuter Peugeot Ludix.

Bagian roda pun merupakan custom hasil tangan Samuel dan ia menggunakan sepasang roda berukuran sama di bagian depan dan belakangnya.


Untuk urusan mesin, Samuel harus melakukan banyak perbaikan karena motor ini datang dalam keadaan mengenaskan. Mesin motor tersebut tersangkut dengan roda bagian depan karena kabarnya, motor donor untuk modifikasi ini adalah bekas kecelakaan.

Setelah merapikan bagian mesin, Samuel memasangkan knalpot custom dari stainless steel yang juga merupakan buatannya sendiri di bengkel.

Untuk finishing, samuel memoles semua bagian logam yang terekspos dan membiarkan kilau warna tersebut seperti apa adanya. Raw look emang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tapi hasilnya bakal sangat memuaskan jika mendapat eksekusi yang sangat baik.