Simple dan Elegan Triumph Thruxton by Nova Motorcycles

LAZONE.ID - Keren nih Bro

Sebagian orang menyukai visual yang rumit pada motor mereka. Sebagian lagi lebih memilih tampilan minimalis untuk menimbulkan kesan simple dan elegan di mata orang-orang yang melihatnya. Ibarat ungkapan yang mengatakan bahwa “less is more”, cafe racer Triumph Thruxton 900 oleh Nova Motorcycles ini tampil mempesona.

Dengan Triumph Thruxton keluaran tahun 2013, Peter Chilton memulai proyek tersebut dengan visi sebuah cafe racer modern di dalam kepalanya. Peter memilih Triumph sebagai dasar untuk modifikasinya karena menilai bahwa motor ini relatif mudah untuk dikerjakan, dibongkar pasang, dan dipadukan dengan part dari brand lain.



“Cafe racer Inggris tahun 60-70an punya pengaruh dalam konsep yang kami pikirkan, tapi tentu kami juga ingin motor ini terlihat lebih modern,” ujar peter dikutip dari Return of The Cafe Racers.

Untuk urusan body, banyak part untuk modifikasi ini yang dibuat secara manual oleh Peter dan tim dan memilih untuk gak menggunakan part dari motor lain. Di antaranya adalah bagian subframe dengan lampu LED terintegrasi, bagian jok yang bisa dengan mudah dibuka untuk mengakses komponen elektronik motor, brake lines yang terintegrasi dan ada di dalam frame modifikasi, serta sebuah unit hanger khusus yang disatukan ke dalam frame untuk menggantungkan knalpot baru.



Untuk urusan performa, mesin ganda DOHC 865 cc kini diperkuat dengan unit Web Cam Racing Camshafts, sistem pembuangan low exhaust 2 into 1, K&N pod filter dan juga disesuaikan dengan sedikit tune-up. Stopping power dari sistem pengereman bagian depan juga dapat upgrade dengan pemasangan unit rem dari Brembo.

Untuk finishing, Nova Motorcycles gak menerapkan sesuatu yang berlebihan pada proyek motor tersebut. Dirinya menggunakan skema warna hijau yang khas dari balapan klasik Inggris menggunakan warna Allora Green metalik. Sisa selain body berwarna hijau tersebut ditutupi warna hitam, termasuk bagian roda yang dilapisi cat powder coated supaya kontras dengan bagian sekitarnya.

Sayangnya karena pandemi, Peter mengaku belum berani untuk mengendarai motor ini untuk uji performa. Kalau keadaan udah normal, dirinya berencana membawa motor ini menempuh jarak jauh untuk menguji ketahanannya. Bakal gak sabar banget tuh Bro nunggu buat bisa menunggangi motor keren satu ini.