Tracker Compact Benelli Tiru Harley

LAZONE.ID - Gimana menurut lo?

Harley Davidson emang terkenal dengan moge mereka yang ikonik. Sebut aja HD Electra Glide dan HD Softail yang sempat jadi favorit para penggemar motor di berbagai belahan dunia.

Di awal tahun 2020 ini, sempat ada kabar bahwa Harley Davidson bakal merilis sebuah motor berkapasitas kecil untuk pasar India. Motor tersebut rencananya diberi nama HD-338. Namun sayangnya perilisan resmi motor tersebut masih simpang siur hingga sekarang.

Momen tersebut dimanfaatkan oleh Engines Engineering yang berbasis di Bologna, Italia. Mereka mengerjakan prototipe buatan mereka sendiri untuk menyerupai Harley Davidson 338 yang gak tau kapan rilisnya. Motor ini mereka namai XR338.


Mereka menggunakan naked sport Benelli 302 S sebagai dasar untuk membuat motor tersebut. Menurut Michael Uhlarik, mereka sengaja membuat motor tersebut sekaligus dalam memperingati hari jadi ke-50 motor legendaris Harley Davidson, XR750. Tipe tersebut juga merupakan motor yang populer untuk modifikasi model tracker.

Frame motor ini mendapat sedikit perubahan untuk membentuknya jadi lebih mengalir dan sejajar ke belakang. Mereka juga membentuk muffler unik yang khusus dibuat untuk proyek ini. Gak lupa sepasang roda berukuran 18 inch yang juga dirancang khusus untuk XR338 ini.


Meski ingin meniru tampilan Harley Davidson, mereka gak ada niatan untuk mengubah mesinnya untuk menyerupai karakteristik pabrikan asal Amerika Serikat itu. Engines Engineering mempertahankan mesin Benelli yang ada demi menjaga karakteristik mesin mereka yang khas.

Untuk urusan bodywork, mereka mendesainnya dari awal dan dicetak langsung dengan teknologi tinggi. Setelah didesain secara digital, bodywork motor ini dicetak dengan teknologi 3D printing dan menggunakan material plastik ABS.

Saking compact dan rapi XR338 buatan mereka, kalau mesin tersebut ditutupi cover mungkin motor ini bakal kelihatan seperti sebuah motor elektrik.

Hasilnya, Engines Engineering membuat sebuah prototipe untuk meniru, bahkan menyaingi Harley Davidson 338 yang perilisannya masih belum pasti itu.