Yamaha Kintaro, Cafe Racer Legenda Jepang

LAZONE.ID - Dengan detail yang unik dan membawa citarasa tradisional Jepang

Inspirasi bisa datang dari mana saja termasuk ketika memodifikasi sebuah motor. Seperti halnya cafe racer dengan mesin bongsor satu ini dengan nama Yamaha Kintaro. Sculpt Moto, bengkel modifikasi yang membuatnya terinspirasi dari tokoh legenda Jepang bernama Kintaro.

Kintaro sendiri diceritakan sebagai seorang laki-laki bertubuh super kuat dan diceritakan turun-temurun oleh para samurai di sana. Hal tersebut cocok dengan motor yang jadi dasar modifikasi ini, Yamaha XJR 1.300 dengan mesin berkapasitas 1.250 cc. Motor naked super sport tersebut punya yang sangat besar seperti halnya Kintaro.


Untuk mendapatkan penampilan Cafe Racer seperti di atas, Sculpt Moto harus melucuti semua bagian motor satu per satu. Untuk mendapatkan bagian belakang yang lebih melengkung mereka juga harus mengubah bagian subframe, lalu melapisi seluruh rangka dan swing arm dengan cat powder coating.

Tampang bagian depan merupakan sebuah fairing yang dibentuk secara manual dan terbuat dari material fiberglass. Material yang sama digunakan untuk bagian bodywork yang lain. Mereka juga menambahkan plat aluminium bertuliskan angka 87 di bagian samping.

Mereka juga menggunakan roda jari-jari dari KINEO yang dibalut dengan ban ContiRoadAttack 2EVO. Roda jari-jari ini menambah kesan klasik yang ingin ditonjolkan motor tersebut. Mesin 1.251 cc-nya terhubung dengan sistem inline four ke sistem pembuangan. Di ujung knalpot, Sculpt menggunakan muffler dari Chrome Dina.


Dari banyak hal yang terjadi pada Yamaha Kintaro, cat finishing dan detail yang ada pada finishing tersebut adalah hal yang paling menarik perhatian. Di beberapa bagian lo bisa melihat detail lukisan yang jadi bagian dari kisah legenda Kintaro dalam cerita rakyat Jepang. Termasuk di antaranya adalah pola sisik ular di bagian atas yang menyambung dari bagian fairing hingga ke belakang.