Setelah Samsung mengumumkan soal ponsel lipatnya Galaxy Fold, Huawei pun tak ketinggalan memperkenalkan Huawei Mate X di awal tahun ini. Namun karena peluncuran Galaxy Fold yang ditunda, penjualan Huawei Mate X pun ikut diurungkan.

Lewat event peluncuran Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro di Jerman pekan ini, perusahaan asal Tiongkok itu mengkonfirmasi bahwa ponsel lipatnya tersebut akan dirilis Oktober mendatang. Perilisan itu pun terbatas di area China saja.

Namun detail soal perilisan ini tampaknya masih dirahasiakan bro. Yang pasti, Huawei nggak melakukan banyak perubahan dari segi spesifikasi ponsel lipatnya itu sehingga kemungkinan besar akan sama dengan yang diumumkan Februari lalu.



Di event Mobile World Congress 2019, Huawei memaparkan spesifikasi Mate X yang menggunakan prosesor buatan mereka sendiri yaktu Kirin 980. Namun ada kemungkinan bahwa prosesor ini akan di-upgrade ke versi terbaru Kirin 990.

Secara layar, Mate X punya diagonal 8 inci di mode tablet. Ada empat kamera di belakang ponsel ini yaitu kamera wide 40MP, ultra wide 16MP, telephoto 8MP, dan kamera time-of-flight.

Dengan bodi dan layar yang besar, baterai dan pengecasan pun dipersiapkan agar efisien. 4.500mAh baterai yang disediakan untuk Mate X dengan pengecasan cepat SuperCharge 55W. Ponsel ini akan tersedia dengan variasi RAM di antaranya 6GB, 8GB, dan 12GB. Untuk ROM berturut-turut 128GB, 256GB, dan 512GB.