Apple merilis pembaruan buat sistem operasi iOS mereka yaitu versi 14.4. Salah satu fitur di iOS 14.4 adalah pendeteksi kamera palsu. Apa gunanya?

Dikutip dari berbagai sumber, fitur pendeteksi kamera tidak asli ini berguna buat kamera iPhone 12 series ke atas kalau rusak. Lalu kemudian loe melakukan service kamera tersebut dan melakukan penggantian komponen.

Nah, kalau komponen yang digunakan buat kamera yang rusak tidak menggunakan komponen resmi dan asli dari Apple, iPhone lo akan mengeluarkan notifikasi khusus. Bahwa kamera tidak berfungsi maksimal karena menggunakan komponen tidak asli.

Selain itu, beberapa pembaruan juga dihadirkan di iOS 14.4. Di antaranya adalah notifikasi volume musik yang terlalu kencang saat mendengarkan dengan headphone atau earphone. Lalu juga ada pengaturan untuk menentukan jenis perangkat audio third-party yang terhubung lewat Bluetooth.

Lalu Apple juga memasukkan fitur scanner QR Code berukuran kecil. Di samping itu iOS 14.4 juga memperbaiki bug-bug yang sebelumnya mengganggu pengguna seperti kamera HDR yang tidak maksimal hingga keyboard di aplikasi iMessage.