Aplikasi Clubhouse belakangan sedang digandrungi pecinta media sosial. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia buat pengguna iOS saja. Mereka yang menggunakan Android belum bisa bergabung ke ruangan Clubhouse atau membuat siaran sendiri.

Twitter rencananya akan merilis fitur baru serupa Clubhouse. Tidak membuat aplikasi berbeda, Twitter menyematkan fitur ini di dalam aplikasi yang sudah ada. Twitter menamainya Spaces.

Saat ini belum dirilis, tapi Spaces sudah diujicoba ke beberapa beta tester. Tampilannya pun mungkin sedikit berbeda dengan Clubhouse, namun konsep buat bergabung ke dalam siarannya kurang lebih sama.

Mereka yang sudah bisa mencoba Spaces dan kebetulan lo follow, akan muncul di bagian Fleets (home Twitter bagian atas) dalam avatar berwarna ungu. Yang berarti siaran sedang berlangsung.

Loe bisa masuk ke dalam siaran dan mendengarkan obrolan atau berinteraksi sebagai pendengar. Akan ada Speaker sebagai pembicara dan Host sebagai pembawa acara di sana. Lo sebagai Listener bisa membagikan link Spaces via DM ke orang lain yang ingin lo ajak bergabung.

Dari berbagai sumber di internet menyebutkan Spaces saat ini masih belum digelontorkan ke semua pengguna. Namun sudah ada aplikasi Twitter di luar Google Play Store yang bisa di-instal (dengan risiko sendiri ya) buat menjajalnya.

Munculnya Spaces berbarengan dengan dihapusnya Periscope oleh Twitter.