Android O alias Oreo sudah lama meluncur namun belum banyak yang menikmatinya. Kini Android P sudah mulai dikembangkan. Android yang rumornya akan bernama Pistachio Ice Cream ini akan diluncurkan Mei nanti.

Beberapa fitur di Android P sudah mulai dibahas di berbagai forum online. Beberapa di antaranya dibocorkan oleh Gadgets Now. Memang saat ini Android P masih dikembangkan oleh para developer dan masih dalam versi Beta.

Meski begitu, bukan berarti fitur-fiturnya belum bisa dirasakan. Ini beberapa di antaranya:

Fitur Baru yang Akan Ada di Android P

1. Bisa menampilkan notch (poni) buatan

Entah ini iseng atau apa, namun notch yang dimiliki oleh iPhone X akan bisa dinikmati di Android P. Tapi bukan benar-benar notch dalam layar ponselnya, namun hanya variasi setting dari display di Android P. Nantinya loe bisa memilih format full screen dengan sedikit notch di bagian atas. Gunanya apa ya kira-kira?

2. Machine learning Gmail smart replies

Membalas email tidak perlu lagi susah-susah mengetik dengan smart replies. Google menyiapkan rangkaian kata balasan yang hanya tinggal dipilih dalam satu tap. Lewat machine learning Google, jawaban-jawaban ini dirangkai sebisa mungkin untuk menjawab email yang masuk. 

3. Tidak hanya outdoor, indoor pun akan ada petanya

Fitur Baru yang Akan Ada di Android P

Ini yang mungkin paling berguna untuk mereka yang gampang kesasar. Android P nantinya akan mendukung Maps Indoor. Sebagaimana Google Maps yang sudah awam digunakan saat ini, versi indoor-nya akan menampilkan peta dan arah menuju sebuah lokasi di dalam gedung.

Android P akan diperkenalkan lewat event resmi Google bulan Mei nanti. Kita tunggu saja bagaimana konfirmasi perusahaan raksasa itu.