Agustus 2018 lalu, Huawei kena skandal penggunaan foto palsu untuk promo smartphone Huaweo Nova 3 mereka. Sial sekali kali ini mereka ketahuan lagi menggunakan foto palsu untuk promo P30 Pro.

Palsu di sini maksudnya foto yang digunakan untuk campaign promo smartphone P30 Pro itu tidak benar-benar dipotret dengan ponsel kamera tersebut. Melainkan dengan kamera DSLR dari seorang fotografer profesional.

The Verge menulis, foto yang digunakan Huawei untuk campaign-nya ternyata diambil dari GettyImages. Yang jadi sorotan adalah foto gunung meletus yang kini beredar di media sosial dan berbagai situs berita online.



Kebohongan Huawei ini dibeberkan oleh GadgetMatch yang melakukan pencarian mandiri terhadap foto-foto serupa. Akhirnya ketahuan deh kalau foto tersebut bukan dari kamera Huawei P30 Pro.

Meski memang ada kemungkinan bahwa Huawei membeli lisensi resmi untuk menggunakan foto tersebut, tetapi tetap saja masyarakat merasa bahwa Huawei sudah berbohong. Karena seharusnya hasil foto dari P30 Pro lah yang digunakan buat materi campaign.