Inikah Stick Baru Buat PS5?

LAZONE.ID - Bisa jadi bukan juga sih.

Kita sudah bicara soal kontroler PS5 selama beberapa pekan sejak dokumen patennya bocor. Kini Sony kedapatan mendaftarkan paten untuk kontroler baru.

Sayangnya belum jelas apakah ini dibuat sebagai kontroler PS5 atau bukan. Soalnya, dari desain yang bocor di dokumen Paten WIPO belum lama ini, tampilan desain kontroler ini lebih mirip stick PS4.

Perbedaan paling mencolok tampak pada bagian belakang kontroler ini. Ada dua tombol belakang yang ditambahkan, kalau merujuk ke gambar ilustrasi paten yang dikutip dari situs patentscope.wipo.int ini, ditunjukkan oleh nomor 31b dan 31a.



Dikutip dari berbagai sumber, dua tombol baru ini disebut-sebut berfungsi mirip dengan Dualshock 4 Back Button, aksesori yang dibuat khusus untuk PS4. Berguna sebagai pengganti tombol yang sudah ada di kontroler namun fungsi tombolnya dipindahkan atau re-mapping.

Di bagian depan seperti kontroler PS4 juga terdapat tombol-tombol yang sudah biasanya ada termasuk joystick di kiri dan kanan. Juga ada trackpad (nomor 18) yang di bagian belakangnya disertai dengan colokan micro USB.



Stick PS5 sendiri disebut-sebut akan punya port USB-C. Sehingga paten yang ini belum bisa dipastikan apakah memang ditujukan untuk PS5 atau bukan. Sony akan meluncurkan PlayStation 5 di akhir 2020.