Instagram meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama IGTV, sebuah platfotm yang mereka buat untuk menyaingi YouTube. Menyambung isu bahwa Stories akan berdurasi lebih lama hingga satu jam, seperti yang beredar beberapa waktu lalu. Dalam sebuah konferensi pers, Instagram menjelaskan isu tersebut.

Bukan durasi Stories yang diperpanjang, melainkan memang mereka punya aplikasi berupa platform baru untuk video-video berdurasi lebih lama. Pengguna bisa mengunggah video berdurasi hingga satu jam di IGTV. Lalu apa bedanya dengan YouTube?

Instagram mempertahankan orientasi pengguna ponsel dalam IGTV. Video-video yang ditampilkan tidak akan landscape seperti halnya YouTube, melainkan seperti halnya Stories akan tetap vertikal dan full screen. Selain itu, video yang sudah diunggah tidak akan hilang dalam 24 jam seperti Stories.

Algoritma yang digunakan oleh aplikasi ini adalah menyesuaikan dengan kesukaan pengguna. Video dari kreator yang diikuti akan muncul di paling atas. Video-video panjang tersebut bisa langsung dinikmati dari halaman depan.

IGTV juga punya tombol khusus di aplikasi Instagram. Jadi pengguna bisa pindah dari IG ke IGTV dengan cepat. Juga akan ada notifikasi khusus IGTV di Instagram nantinya supaya user tidak ketinggalan dengan update dari kreator favorit mereka.

Aplikasi ini sudah diluncurkan dan bisa diunduh gratis untuk pengguna Android dan iOS.