Nampaknya tren kamera kelas tinggi yang dibalutkan di smartphone sedang populer nih. Tengok aja Samsung dengan S4 Zoomnya atau Nokia dengan pure view cameranya. Seperti nggak mau ketinggalan tren tersebut, Panasonic ikut meramaikan pasar kamera ponsel dengan merilis Lumix CM1.

Spesifikasi yang dimiliki Lumix CM1 tergolong handal banget. Lumix CM1 menggunakan lensa leica, sensor gambar, mechanical-shutter dan ring kontrol manual. Spesifikasi tersebut juga dimiliki oleh beberapa kamera pro lho. Dengan menanamkan semua itu, Lumix CM1 mampu menghasilkan video dengan resolusi yang tinggi banget.

Untuk foto sepertinya nggak perlu ditanya ya Guys. Lumix CM1 mampu menyimpan gambar kualitas tinggi berkat resolusi sebesar 20MP. Dengan spesifikasi tersebut, Lumix CM1 lebih cocok disebut smart-camera-phone dibandingkan smartphone camera.

Untuk spesifikasi smartphonenya sendiri boleh dibilang cukup gahar. Dengan prosesor 2.4 Ghz quad-core, RAM 2GB serta memori internal sebesar 16GB, rasanya udah cukup mengimbangi spesifikasi kameranya.

Meskipun demikian handal, Lumix CM1 masih memiliki beberapa kekurangan misalnya prediksi harga yang bakal sangat tinggi karena penggunaan lensa leica, hingga penggunaan kamera berteknologi tinggi yang sepertinya bakal membebani prosesor.

Tapi untuk beberapa orang yang nggak mau ribet dengan membawa smartphone dan kamera ke mana-mana, Lumix CM1 ini recommended banget deh. Tertarik Guys?