Masih ingat Lumix GX8 yang dirilis tahun 2015 lalu? Saat itu Panasonic membanderol kamera mirrorless-nya itu dengan harga USD 1,199 untuk body-nya saja tanpa lensa kit. Tahun ini, Panasonic meluncurkan penerusnya dengan harga yang lebih "terjangkau".

Panasonic akan meluncurkan Lumix GX9 bulan depan. Meski lebih baru dan fitur yang lebih update, harga kamera mirrorless ini lebih murah yaitu hanya USD 999 saja atau sekitar RP 13,7 jutaan.

Harga tersebut sudah termasuk lensa kit 12/60mm f/3.5-5.6. Jadi tidak perlu lagi memikirkan keuar budget lebih buat membeli lensa seperti halnya versi yang jadul. Lalu, apa yang baru di kamera ini?

Layar sentuhnya tidak lagi bisa diputar ke segala arah seperti GX8. Panasonic memutuskan untuk membuat layar GX9 hanya bisa ditekuk ke atas dan ke bawah masing-masing 80 derajat dan 45 derajat saja. Selain itu, GX9 tidak punya fitur weather sealing atau kemampuan tahan cuaca.

Perkenalkan, Lumix GX9 yang Baru dari Panasonic

Sensor micro four-thirds dengan resolusi 20PM dibenamkan Panasonic di kamera ini. Sensitivitas IXO mulai 100 hingga 25.600 dengan image processor Venus Engine juga di mesinnya. Ketajaman gambar ditingkatkan dengan menghapus filter low-pass di depan sensor.

Untuk menghalau gambar blur, in-body image stabilization (IBIS) dan optical image stabilizer (OIS) juga dimiliki kamera ini. Kombinasi dari dua fitur tersebut bisa efektif membuat gambar lebih stabil dan tidak goyang.

Selain itu, Lumix GX9 sudah bisa merekam video 4K di kecepatan 30/24 fps, Bluetooth LE dan WiFi, AF Depth From Defocus dan burst rate hingga 9 fps.

Kamera ini akan dirilis Maret.