Canon belum lama ini memperkenalkan mirrorless full-frame keduanya yaitu Canon EOS RP. Kamera ini sekarang sudah resmi masuk Indonesia. Banderolnya nyaris Rp 20 juta bro.

Dirangkum dari berbagai sumber, PT Datascrip sebagai distributor produk Canon di Indonesia mengumumkan bahwa harga tersebut dibanderol untuk body only. Persisnya Canon EOS RP dihargai Rp 19,998,000 juta.

Sebenarnya kalau dibandingkan dengan harga jual Canon EOS R yang juga full-frame dan dirilis lebih dulu tersebut, harga ini cukup "miring". Mengingat harga jual Canon EOS R sekitar Rp 40 juta. Lantas apa saja kelebihan kamera ini?

Canon EOS RP punya bodi yang ringan dan tampilan yang simpel. Kamera ini beranya cuma 485 gram (tanpa lensa). Secara spesifikasi, sensor CMOS full-frame beresolusi 26,2MP ada di dalamnya. ISO-nya berbentang mulai 100 - 40.000 dengan tambahan prosesor pengolah gambar Digic 8 di bagian sensor tersebut.

Autofokusnya pun akan lebih merata dan lebih baik. Canon EOS R bisa mendeteksi 4.779 titik autofokus lengkap dengan teknologi bernama Eye Detection AF dan Dual Pixel CMOS AF. Fokusnya akan terkunci dengan cepat di 0,05 detik.



Fitur lain yang dimilikinya antara lain burst shot 5 fps atau 4 fps, LCD touchscreen 3 inci yang bisa berputar 360 derajat, electronic view finder dengan resolusi 2,36MP, perekaman video 4K di 25 fps, koneksi WiFi dan Bluetooth pun tersedia.

PT Datascrip juga akan menjual kamera ini dengan lensa kit RF 24-105mm f/4 L IS di harga Rp 37,750,000. Pre-order kamera ini sudah dibuka dan akan berakhir 22 Maret mendatang.