Momen Penting Sejarah Smartphone

LAZONE.ID - Perkembangan teknologi sampai ke smartphone yang ada di tangan lo sekarang

Di era digital seperti sekarang, smartphone rasanya udah bukan lagi kebutuhan sampingan, tapi udah jadi salah satu kebutuhan utama. Banyak hal-hal dasar dalam beraktivitas yang ditunjang dengan menggunakan smartphone seperti berkirim pesan untuk komunikasi, atau bahkan ada yang menggunakan fitur video call untuk melakukan meeting.

Smartphone ini adalah salah satu teknologi yang perkembangannya paling pesat di dunia. Belum lama lo melihat sebuah model rilis, model lainnya udah menanti untuk diumumkan dengan peningkatan spesifikasi yang ada.

Tapi lo tau gak sih Bro momen-momen paling penting dalam perkembangan smartphone? Beberapa momen berikut ini menjadi penentu arah perkembangan dunia smartphone sampai saat ini.

Smartphone pertama di dunia

Gambar yang lo lihat ini adalah IBM Simon dan dianggap sebagai smartphone pertama di dunia. Ponsel ini pertama dijual ke publik pada tahun 1994 dan punya beberapa fitur kunci seperti kalender, e-mail, notes, pesan singkat, dan dilengkapi sebuah stylus. Sayangnya batre “smartphone” ini cuma bertahan 1 jam dan ini jadi salah satu faktor mengapa IBM Simon menghilang dari pasaran dua minggu kemudian.

Kemunculan Nokia 9000 Communicator

Salah satu ponsel legendaris dari Nokia ini udah dibekali internet dan keyboard QWERTY. Nokia 9000 sendiri disebut-sebut sebagai jembatan masuknya smartphone. Hp yang dirilis tahun 1996 ini muncul setelah IBM Simon gagal mendulang hasil yang baik di pasaran.

Kemunculan iPhone dan Android

Pada tahun 2007, Steve Jobs dan Apple “mengubah dunia” dengan meluncurkan iPhone pertama. iPhone ini begitu fenomenal karena berhasil menyingkirkan stylus, menanamkan sistem multi touch, dan menggabungkan pemutar musik, perangkat internet, serta perangkat komunikasi dengan baik. Google tentunya gak mau kalah dengan kompetitornya. Mereka pun merilis HTC Dream yang dibekali android pertama satu tahun setelahnya.

Sejak saat itu, sistem operasi di smartphone didominasi oleh keduanya. Symbian yang hancur ketika mereka berdua tumbuh dan Windows Phone yang gagal bersaing membuktikan bahwa Android dan iOs pada iPhone gak bisa tergantikan.

Kemunculan iPhone pada tahun 2007 pun memaksa pasar beradaptasi dengan model ponsel seperti itu. Banyak produsen akhirnya menyerah dan membuat smartphone dengan model yang mirip, yaitu model ponsel berlayar lebar tanpa stylus. Hingga akhirnya sekarang lo hampir gak bisa bedain tampilan depan smartphone dengan model layar yang hampir mirip semuanya.

Perubahan rasio layar dari 16:9 ke 18:9

Perubahan aspek rasio layar ini kelihatannya sepele, tapi ternyata efeknya lumayan besar, Bro. Dengan munculnya aspek rasio 18:9, layar smartphone jadi lebih lebar dengan bezel samping atau atas bawah yang lebih tipis. Ini menuntun kepada inovasi-inovasi lain seperti layar berponi,  kamera pop-up, dan lain sebagainya di mana para brand smartphone sekarang berlomba untuk menghadirkan rasio layar yang lebih besar dengan bezel setipis mungkin. Perubahan aspek rasio layar ini juga memberikan pengaruh kepada industri mobile gaming karena game yang ada di smartphone jadi semakin mudah untuk dimainkan dengan layar yang lebar.

Smartphone apa yang pertama kali lo punya nih, Bro?