Facebook punya aplikasi Facebook sendiri, Instagram, dan WhatsApp yang kini berjaya dan digunakan oleh jutaan orang. Tapi diam-diam, beberapa aplikasi lain yang diluncurkan di bawah perusahaan yang sama ternyata kurang laku. Sehingga aplikasi-aplikasi tersebut terpaksa dipensiunkan. 

Beberapa aplikasi tersebut antara lain Moves, Hello, dan tbh. Tiga aplikasi ini memang layanan yang diakuisisi Facebook belum lama ini. Yah kira-kira dalam kurun waktu empat tahun terakhir mereka berada di bawah perusahaan yang dirintis Mark Z tersebut.

Moves adalah aplikasi fitness tracker yang dibeli Facebook tahun 2014. Sementara Hello merupakan aplikasi home dialler Android yang diluncurkan tahun 2015. Yang terakhir, tbh, dibeli Facebook tahun 2017 lalu.

Aplikasi-aplikasi tersebut ditutup karena tidak terlalu populer dan sangat sepi pengguna. Mereka gagal mengumpulkan user dalam jumlah tertentu. Facebook pun secara tersirat menyebutkan bahwa langkahnya mengakuisisi ketiga aplikasi itu adalah sebuah kesalahan.

Saat ini Facebook tengah fokus dalam melakukan upgrade aplikasi Instagram, WhatsApp dan tentunya Facebook sendiri. Setiap hari selalu saja ada yang baru seperti Instagram misalnya yang tengah viral dengan sticker Question-nya beberapa hari terakhir.