Microsoft sudah memperkenalkan Xbox Series X. Namun untuk konsol game terbarunya itu Microsoft masih belum memberitahukan harganya. Lalu berapa kira-kira harga Xbox Series X?

Kalau melihat ke belakang, deretan konsol Xbox yang dirilis Microsoft sejak 2001 hingga yang dirilis tahun 2017 memang mengalami kenaikan. Di awal perkenalannya Microsoft membanderol Xbox di harga USD 300.

Ketika merilis Xbox One di tahun 2013, harganya pun melonjak jadi USD 400. Begitu juga ketika Xbox One X diluncurkan di tahun 2017, Microsoft membanderol konsol ini di USD 500.

Melihat dari kenaikan harga dari tahun ke tahun, bisa jadi Xbox Series X akan dimulai dengan harga USD 500. Harga ini setara dengan Rp 7,2 jutaan. Namun karena teknologi yang dibawanya juga sangat baru dan lebih baik, maka diperkirakan harga juga akan melonjak.

Kenaikan antara USD 50 hingga USD 100 bisa terjadi. Sehingga ada juga kemungkinan harga Xbox Series X akan dibanderol Microsoft di USD 550 atau USD 600 setara dengan berturut-turut Rp 7,9 jutaan atau USD 8,7 jutaan.

Sementara PlayStation 5 diramalkan akan dibanderol Rp 7,9 jutaan untuk versi reguler (dengan slot CD game). Sedangkan untuk versi digital (tanpa slot CD game) dibanderol Rp 6,3 jutaan.

Akan ada perbedaan harga antara Xbox Series X dengan PlayStation 5. Dua konsol baru ini akan bersaing di tahun 2020 karena saat ini Sony sendiri belum memberikan keterangan kapan perilisan akan dilakukan.