Persaingan antara Sony dan Microsoft dalam merilis konsol mulai terasa sejak tahun 2006 lalu. Ketika Sony merilis PlayStation 3, Microsoft gak mau kalah dengan rilis Xbox 360 di saat yang sangat berdekatan. Sejak saat itu dunia gaming konsol terbagi jadi dua kubu besar, PS dan Xbox. Kedua konsol ini emang terkenal punya fans masing-masing yang loyal. Keduanya juga emang menawarkan keunggulan masing-masing dari segi teknis maupun non teknis seperti game eksklusif.

Tahun 2020 pun jadi ajang pembuktian untuk keduanya dengan merilis konsol generasi terbaru di saat yang sangat berdekatan. Bulan November lalu Xbox Series X dan PS5 diluncurkan.

Keduanya saling mengklaim bahwa mereka adalah konsol terkuat yang ada saat ini. Namun, banyak yang menilai untuk pertarungan di tahun 2020, Sony dengan PS5-nya harus mengakui kekalahan dari Xbox karena beberapa hal. PS5 punya storage yang lebih kecil dibandingkan Xbox Series X. PS5 juga punya expandable storage slot yang tersedia di dalam mesinnya, tapi software buatan Sony masih belum ‘mengizinkan’ slot tersebut digunakan.

Melihat hal tersebut, Sony ternyata udah menyiapkan senjata terbarunya untuk comeback dan mengklaim ‘kemenangan’ atas Microsoft dan Xbox.


Dikutip dari T3, Sony sekarang sedang menyiapkan PS5 Pro untuk jadi versi upgrade dari PS5 yang udah rilis. Meski masih sangat awal untuk membahas semua spesifikasinya, ada beberapa poin yang bisa jadi senjata utama dari Sony supaya PS5 series bisa mengalahkan Xbox.

Versi ‘Pro’ dari PS5 ini dikabarkan bakal memiliki dua graphic card yang jadi kekuatan dalam mengolah grafis. Sekarang, kekuatan PS5 sebesar 10,2 teraflops sedikit tertinggal dari Xbox Series X sebesar 12 teraflops. Namun dengan adanya graphic card ganda ini, pengolahan grafis yang ada bakal jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Pengolahan grafis yang sangat kuat ini juga memungkinkan PS5 dapat memutar video dengan resolusi 4K dalam kecepatan 120fps. Sesuatu yang luar biasa untuk dunia gaming.

Selain itu Sony akan menambah jumlah storage yang tersedia pada PS5 Pro nanti. Saat ini, storage yang ada dalam PS5 adalah 667 GB, ruang penyimpanan yang terasa sangat kecil dibandingkan dengan ukuran game-game terbaru. Itupun, expandable slot yang ada belum bisa digunakan hingga Sony memberikan update software. Xbox Series X sendiri sekarang punya ruang penyimpanan sebesar 800 GB. Ukuran tersebut kemungkinan bakal jauh dilewati oleh PS5 Pro ketika rilis nanti.

Namun semua keunggulan tersebut baru tertuang dalam sebuah paten yang dilaporkan oleh situs T3. Belum ada tanggal resmi perilisannya mengingat PS5 biasa pun baru rilis di sebagian negara saat ini.

Tapi, kehadiran PS5 Pro tentu aja bakal sangat menarik untuk ditunggu.