Di tengah penantian pecinta game pada PlayStation 5, kini Sony dikabarkan sedang mempersiapkan konsol baru versi 'pro'. PlayStation 5 Pro digadang buat mangalahkan kualitas gaming dari Xbox Series X.

Sony dikabarkan sudah mendaftarkan paten buat konsol baru. Dalam paten yang disinyalir akan jadi konsol PlayStation 5 Pro ini, versi baru dari konsol gaming itu akan punya dua buah pengolah grafis alias GPU.

Tidak hanya pengolah grafisnya saja yang digandakan, tetapi sederet komponen yang bakal mendukung kinerja dan tampilan visual dari konsol ini juga ditambah satu buat masing-masingnya. Paten ini sendiri diberi judul 'Scalable Game Console CPU/GPU Design For Home Console and Cloud Gaming' oleh Sony.

Dapat dipastikan kualitas visual yang akan ditampilkan nanti akan jadi lebih baik dan bertenaga. Seperti diketahui saat ini PlayStation 5 memiliki pengolahan grafis sebesar 10,3 Teraflops. Angka ini jauh lebih kecil dari Xbox Series X yang menembus angka 12 Teraflops.

Sony belum memberikan keterangan mengenai rencananya buat PlayStation 5 Pro. Sementara PS5 sendiri baru akan bisa dipesan Desember ini dan di Indonesia akan dikirim mulai Januari 2021. Retailer PlayStation 5 di Indonesia menggunakan sistem raffle buat penjualan konsolnya.