PS5 Siap Meluncur, Gimana Nasib PS4?

LAZONE.ID - Sony mengeluarkan pernyataan resmi terkait PS4

12 November 2020 akan jadi hari peluncuran konsol terbaru Sony yaitu PlayStation 5. Hadirnya konsol generasi baru berarti waktunya mengucapkan selamat tinggal buat yang lama. PS4 akan tergantikan setelah ini.

Namun Sony memberi jaminan bahwa pengguna PS4 masih tetap bisa mendapatkan update dan memainkan game-game kesukaan mereka hingga beberapa waktu ke depan. Dukungan Sony terhadap PS4 kabarnya masih akan berlanjut hingga 2024.

Jim Ryan, CEO dari Sony Interactive Entertainment menjelaskan hal ini dalam sebuah wawancara belum lama ini. Menurutnya, penting untuk menjaga komunitas pemain PS4 sebelum mereka bisa benar-benar beralih.

Untuk itulah Sony akan memberikan dukungan update buat konsol PS4 setidaknya tiga sampai empat tahun ke depan. Jadi, kalau loe belum ada rencana untuk membeli konsol PS5, tetap kalem aja bro.

Saat ini pemain PS4 diklaim Sony mencapai 100 juta lebih. Meski menjamin dukungan update hingga 2024, namun Sony tidak membeberkan lebih lanjut bentuk dukungan yang seperti apa yang akan mereka lakukan.

Seiring berjalannya waktu, hal ini masih bisa berkembang juga. Yang pasti, usia PS4 masih bisa bertahan 3 hingga 4 tahun setelah PS5 dan ini merupakan kurun waktu yang terbilang wajar buat regenerasi dan support dukungan. Tergambar dari distopnya support buat konsol PS terdahulu setiap kali perilisan terbaru datang.

PS5 ditenagai CPU custom delapan core dengan arsitektur AMD Zen 2. Kedelapan core tersebut bergerak dengan kecepatan 3,5 GHz.

Di sisi GPU, PS5 menggunakan AMD RDNA 2 dengan 36 compute unit yang masing-masing kecepatannya 2,23 GHz. Dengan spek GPU ini kekuatan yang dihasilkan bisa maksimal di 10,28 teraflop.

PS5 akan ditenagai RAM sebesar 16GB dengan tipe GDDR6. Sementara media penyimpanannya menggunakan SSD custom yang kapasitasnya 825GB.