Kecanggihan teknologi fotografi dan videografi saat ini makin pesat, gak percaya? Buktinya sekarang udah banyak kamera foto dan video yang menghadirkan fitur 360° panoramic, salah satu yang paling keren adalah Ricoh Theta M15! Kamera mungil yang diberi nama Theta M15 ini adalah kamera khusus buat kalian yang ingin bikin foto & video 360° dengan cara yang simple, cukup sekali klik, dan voila! Kamu bisa menghasilkan foto atau video 360° tanpa ribet mesti ngejahit (stitching) gambar dan ngedit disana-sini! Ricoh Theta M15, kamera paling jagoan buat bikin foto & video 360°!

Sedikit belajar pelajaran sejarah, Ricoh Theta pertama kali dirilis pada tahun 2013, dengan nama Ricoh Theta. Ricoh Theta generasi pertama cuma memiliki kemampuan untuk meng-capture foto 360 derajat. Selang 2 tahun kemudian, Ricoh merilis generasi keduanya yang diberi nama Ricoh Theta M15 dengan menambah fitur video 360° pada kameranya. Pada awalnya Theta M15 hanya mampu merekam video 360° dengan durasi 3 menit per satu kali take, tapi bulan Juli lalu, Ricoh mengupgrade firmwarenya sehingga memungkinkan user untuk merekam dengan durasi 5 menit dalam 1 kali take. Ricoh Theta M15 hadir dalam 4 varian warna, yaitu Putih, Pink, Biru dan Kuning.

Ada beberapa alasan khusus kenapa Ricoh Theta M15 dalam review ini disebut sebagai kamera paling jagoan buat bikin foto & video 360°, simak berikut ini ya!

The One & Only Camera That Captures Spherical 360° Photo & Video
Ricoh Theta M15 memiliki 2 lensa depan dan belakang yang masing-masing punya angle sebesar 180°. Dalam sekali klik shutter, Ricoh Theta M15 secara simultan mengcapture 2 gambar 180° (foto/video) secara bersamaan! Dari 2 gambar 180° ini, device Theta M15 memproses penggabungan gambar dengan cara men-stitching (menjahit) kedua gambar menjadi 1 output foto atau video. Well, gampangnya, 180° dikali 2 sama dengan 360°, ya kan? Dan semua proses itu terjadi dalam 1 kali klik! As simple as that!

Hasil 360 degree-nya hunting sendirian di Kota Tua kemarin pakai Ricoh Theta #Indonesian360 #theta360 - Spherical Image - RICOH THETA

 

Social Media Sharing Ready! (Using Ricoh Theta’s Smartphone Apps)
Punya kamera keren kayak gini, gak pamer di social media? Kayaknya gak seru! Yap, Ricoh Theta M15 juga dibekali dengan aplikasi smartphone untuk Android dan iOS buat mem-preview foto, mengcapture foto & video secara wireless, dan nge-share hasil foto 360° ke Facebook dan Twitter langsung dari smartphone kita! Sayangnya, untuk sementara ini, hanya foto 360° saja yang bisa dishare langsung ke FB & Twitter, sedangkan untuk video, kita mesti upload manual via komputer ke Youtube.

 

Youtube 360° Video Ready, Just Shoot & Upload!
Saking kerennya Ricoh Theta M15 ini, sampai-sampai direkomendasikan oleh Youtube sebagai salah satu dari 4 kamera 360° yang udah Youtube ready. Maksudnya Youtube ready, berarti hasil video 360° dari kamera Ricoh Theta sudah dikenali oleh Youtube sebagai video 360°, sehingga pas upload file video, Youtube langsung mengaktifkan fitur 360° viewersnya langsung tanpa mesti kasih tambahan coding ke dalam video yang tentunya sangat ribet! Nah buat contoh hasil videonya bisa cek di bawah ini!

At least dengan 3 alasan di atas udah membuat Ricoh Theta M15 menjadi kamera 360° andalan dan paling user-friendly di tahun 2015 ini! Nah untuk memilikinya, kalian harus merogoh kocek sekitar US$ 399, atau sekitar Rp. 5.5juta, tapi sayangnya Ricoh Theta M15 ini belum dirilis di Indonesia, untuk review kali ini, Ricoh Theta M15 penulis dapatkan dari Singapore.

Review by:
Adjie – Digital Photography Indonesia