Cinemagraph adalah tentang bagaimana membuat foto diam menjadi bergerak dan membuatnya lebih hidup. Format file yang nanti dihasilkan bukan lagi berbentuk JPG melainkan format file gambar GIF.

Sebenarnya GIF bukan mainan baru bro, sebab sudah ada sejak awal perkembangan internet, namun dalam cinemagraph animasi GIF yang terkadang membosankan dapat dikemas menarik dengan mengabungkan unsur artistik dalam fotografi dan videografi. Keren abis pokoknya, bagian yang bergerak di-ekspose abis-abisan.

Dalam cinemagraph animasi GIF yang dibuat sedikit berbeda dengan animasi pada umumnya. Hanya bagian tertentu dalam gambar yang bergerak sedangkan objek lainnya diam. Cinemagraph dapat dikatakan sedikit diatas foto dan sedikit dibawah video bro.

Banyak dari gerakan dari karya cinemagraph terlihat sangat halus dan bahkan loe mungkin tidak menyadari pada awalnya. Gerakan yang semakin besar akan terlibat seperti video, namun gerakan halus tersebut yang membuat foto tersebut terlihat sangat menarik.

Saat ini banyak yang menggunakan cinemagraph dengan menggabungkan unsur fotografi fashion, landscape, portrait yang pastinya membuatnya menjadi lebih menarik. Misalnya, cinemagraph yang dipopulerkan oleh fotografer Jamie Beck dan desainer Kevin Burg dikenal dengan keunikannya mengabungkan fashion dalam karyanya.

Jamie Beck dikenal sebagai salah satu pelopor yang berhasil mengabungkan fotografi fashion dalam sebuah animasi GIF yang menawan. Istilah cinemagraph ini dapat dikatakan merupakan istilah yang digunakan dan dipopulerkan oleh Jamie Beck. Penasaran kayak apa cinemagraph? Ulik aja di www.cinemagraphs.com, bro...