Sejak seri pertamanya dirilis pada 2007, sepak terjang iPhone dalam industri film di dunia memang tak bisa diragukan lagi. Tak hanya biayanya yang bakal berkurang bila syuting menggunakan iPhone, praktek pembuatan film jadi semakin meluas di kalangan pembuat film amatir.

Tak hanya pembuat film amatir saja yang menggunakan iPhone untuk menggarap film. Para sineas ternama ternyata juga bikin film menggunakan iPhone. Bahkan film garapan mereka berhasil menyabet juara di penghargaan film bergengsi. Salah satunya adalah film dokumenter Searching for Sugar Man yang menjadi jawara Oscar pada 2012.

Jangan lupakan pula film pendek karya sutradara terkenal asal Korea Selatan, Park Chan-Wook yang berjudul Night Fishing pada 2011. Chan-wook membuat film itu dengan menggunakan iPhone 4 dan menghabiskan bujet 133 ribu dolar AS. Bagi sutradara film Old Boy ini, iPhone 4 dapat berfungsi dengan baik sebagai kamera film, karena berbobot ringan, kecil, dan bisa digunakan oleh semua orang.

"Kamu tidak perlu latihan secara rinci untuk memakai iPhone 6, kamu hanya cukup keluarkan ponsel itu dari saku dan mulai membuat film dan kamu bisa menciptakan sesuatu karya yang menakjubkan," ujar Ricky Fosheim, sutradara feature film And Uneasy Lies the Mind, seperti dikutip Wired. Ricky membuat film tersebut dengan iPhone 5 dan hanya menghabiskan bujet 15 ribu dolar AS.

Gimana? Kamu sudah siap bikin film dengan iPhone kamu?