Microsoft Surface adalah laptop keluaran Microsoft yang sudah punya pasar sendiri. Ada banyak varian dari Microsoft Surface yang dirilis dan yang terbaru kini diberi nama Surface Laptop Go.

Menggunakan embel-embel 'Go' karena laptop ini diklaim sangat ringan. Bahkan jadi laptop paling ringan yang pernah dibuat Microsoft. Meski begitu, secara spesifikasi sudah terbilang mumpuni dan harganya pun masih masuk kategori terjangkau.

Begini spesifikasi Microsoft Surface Laptop Go.

Laptop ini membawa layar 12,4 inci yang terbilang kecil. Kalau dibandingkan dengan Surface Book 3 keluaran perusahaan yang sama, ukuran layarnya masih jauh di bawah itu. Namun dengan ukuran layar yang kecil ini, Microsoft tetap membekali resolusi yang padat di 1536 x 1024 piksel, dengan aspek rasio 3:2.

Di bagian jeroan, Surface Laptop Go dibekali prosesor Intel generasi 10 dengan quad-core. Hanya ada satu versi yang dirilis Microsoft yaitu Intel Core i5-1035G1. Sementara untuk RAM-nya ada dua pilihan antara lain 4GB dan 8GB.

Di sektor penyimpanan, Microsoft Surface Laptop Go menggunakan media eMMC berukuran 64GB. Disediakan juga pilihan SSD antara lain 128GB dan 256GB.

Fitur lain yang diberikan oleh Microsoft lewat Surface Laptop Go adalah webcam HD 720p, mikrofon dengan kualitas terbaik, fingerprint yang scanner di tombol power, fast charging yang bisa mengecas 80% dalam waktu satu jam, daya tahan baterai yang lama hingga 13 jam sekali cas.

Selain itu ada juga WiFi 6, USB Type-C, USB Type A, Bluetooth 5.0, port charging, serta audio jack 3,5 mm disediakan di Microsoft Surface Laptop Go yang beratnya hanya 1,1 kilogram ini.

Microsoft menyediakan tiga varian warna untuk Surface Laptop Go: Blue, Gold, dan Silver. Di Amerika Serikat, Surface Laptop Go akan dijual 13 Oktober dengan banderol mulai Rp 8,2 juta (4GB RAM, 64GB eMMC) hingga Rp 13,4 juta (8GB RAM, 256GB SSD).