Lensa baru yang dirilis Olympus ini dibuat untuk para profesional. Terutama buat mereka yang sudah akrab dengan kamera mirrorless. Olympus menghadirkan M.Zuiko 8-25mm F4 Pro, sebuah lensa wide-angle yang punya sederet spesifikasi menarik.

Seperti namanya dengan embel-embel Pro, lensa ini adalah lensa di kelas premium. Diciptakan khusus untuk kamera yang menggunakan sensor MFT (micro four third).

Olympus M.Zuiko 8-25mm F4 Pro punya jarak fokal 8-25 mm yang setara dengan lensa 16-50mm di kamera full frame. Ukuran dan bobotnya nggak akan terlalu mengganggu karena minimalis serta dirancang collapsable.

Baca Juga: Nih Spesifikasi Lensa Lumix S 50 mm F/1.8



Rancangan ini membuat Olympus M.Zuiko 8-25mm F4 Pro akan mudah disimpan dan di bawa. Berat yang hanya 411 gram pun membuatnya jadi salah satu lensa yang nggak akan bikin repot untuk diboyong ke mana-mana.

Olympus M.Zuiko 8-25mm F4 Pro dilengkapi dengan fitur tahan terhadap cuaca. Sudah lulus sertifikasi IPX1 dan juga tahan suhu ekstrem di bawah titik beku. Untuk elemen lensanya, keluaran Olympus ini punya 16 elemen yang terbagi ke dalam 10 grup berbeda.

Beberapa elemen yang dibawanya antara lain DSA (Dual Super Aspherical), Super ED, lensa ED, lensa HR, dan lensa ED Aspherical. Masing-masing disempurnakan dengan coating ZERO buat mengurangi blur dan pantulan cahaya.

Ada lapisan khusus di bagian depan lensa yang diberikan flourine. Gunanya agar tidak membuat air dan minyak yang mungkin ada di sekitar lokasi pemotretan buat menempel di bagian lensa.

Olympus M.Zuiko 8-25mm F4 Pro dibanderol USD 1099 dan akan mulai dipasarkan Juli 2021.